Internasional

Ternyata Roket Katyusha yang Hantam Kedubes AS di Irak

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
27 January 2020 16:14
Roket katyusha menghantam Kedutaan Besar AS di Irak, Minggu (26/1/2020).

Jakarta, CNBC Indonesia - Kedutaan BesarĀ Amerika Serikat (AS) di Irak kembali diserang rudal, Minggu (26/1/2020) malam waktu setempat. Sejumlah media asing menegaskan ada sekitar tiga roket yang menyerang, meski sejumlah media lain meyakini jumlah roket lebih dari itu.

Salah satu roket menghantam tepat di area kafetaria saat waktu makan malam dilakukan. Alhasil, helikopter AS dikabarkan mengevakuasi orang-orang yang terluka.

Sebagaimana dikutip Bloomberg dari media Al-Sumaria, roket yang dipakai dalam serangan tersebut adalah katyusha. Katyusha sendiri merupakan roket yang biasa digunakan militer Iran dan milisi di Irak yang berafiliasi dengan Iran.

Roket ini bahkan digunakan saat menyerang pangkalan militer AS di 8 Januari lalu. Katyusha pertama kali dibuat di Uni Soviet. Roket ini banyak digunakan saat Perang Dunia II berlangsung.

Sebelumnya, pemerintah AS memang mengklaim Iran berada di balik serangan ini.

"Sejak September telah terjadi lebih dari 14 serangan oleh Iran dan milisi yang didukung terhadap personil AS di Irak," kata pejabat AS sebagaimana dikutip AFP.


"Situasi keamanan tetap tegang dan kelompok-kelompok bersenjata yang didukung Iran tetap menjadi ancaman. Jadi, kami tetap waspada,".



[Gambas:Video CNBC]





(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading