Puji Jokowi Soal Natuna, Megawati: Kedaulatan Tak Bisa Dinego

News - Roy F, CNBC Indonesia
10 January 2020 15:48
Puji Jokowi Soal Natuna, Megawati: Kedaulatan Tak Bisa Dinego
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri memuji sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal Natuna yang sempat ramai dan diklaim China.

Megawati yang merupakan Ketua Umum Partai PDIP menegaskan kedaulatan memang tidak bisa dinegosiasi.

"Saya, Ketua Umum mendukung penuh sikap Presiden Jokowi yang menyatakan persoalan kedaulatan bukan hal yang dapat dinegosiasikan," kata Megawati dalam Sambutan di HUT ke-47 & Rakernas I PDI Perjuangan di JI Expo Kemayoran, Jumat (10/1/2020).


Jokowi sebelumnya menilai seluruh pernyataan pejabat pemerintahan yang berkaitan dengan kapal-kapal dan klaim China atas perairan Natuna sudah sangat baik. Jokowi menegaskan tak ada tawar-menawar mengenai kedaulatan dan teritorial negara Indonesia.

Puji Jokowi Soal Natuna, Megawati: Kedaulatan Tak Bisa DinegoFoto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di HUT ke-47 sekaligus Rakernas I PDIP. (Isal-detikcom)


"Seluruh statement yang disampaikan sudah sangat baik, bahwa tidak ada yang namanya tawar-menawar mengenai kedaulatan, mengenai teritorial negara kita," kata Jokowi saat membuka Sidang Kabinet Paripurna 'Penetapan RPJMN 2020-2024', di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/1/2020).

Megawati pada kesempatan yang sama juga mengungkapkan dirinya tidak anti asing. Bahkan ingin bersahabat dengan negara-negara di dunia.

"Tapi tidak salah kalau bangsa ini sanggup berdiri di kaki kita sendiri," katanya.

Ia mengungkapkan, resources atau sumber daya yang dimiliki Indonesia cukup banyak. Indonesia merupakan negara yang kaya.

"Apa yang tidak kita punya. Semua kita punya," tutur Megawati.

Dalam HUT ke-47 dan Rakernas ini dihadiri oleh Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin. Sementara hadir juga Wapres ke-11 Boediono kemudian Wapres ke-10 dan 12 Jusuf Kalla.

Hadir juga Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Pimpinan Partai Politik lain.




[Gambas:Video CNBC]




(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading