Banjir Merendam Jabodetabek, Harga Cabai Mengamuk

News - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
03 January 2020 16:55
Usai tahun baru dan hujan lebat yang sebabkan banjir, harga cabai di Jabodetabek melonjak.
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah tahun baru yang diguyur hujan lebat dan diwarnai banjir di Jabodetabek, beberapa harga komoditas cenderung tetap. Namun berbeda dengan harga cabai yang semakin pedas.

Tahun baru memang jadi momen untuk liburan. Saat tahun baru konsumsi ikut terdongkrak sehingga biasanya diwarnai dengan kenaikan harga bahan pokok. Setelah tahun baru hingga hari ini, harga bahan pokok cenderung tetap di Jabodetabek, walau ada beberapa yang turun atau mengalami kenaikan kecil.

Hujan lebat yang mengguyur kawasan Jabodetabek pada malam tahun baru menyebabkan banjir di berbagai kawasan. Akibat banjir yang menggenangi DKI dan sekitarnya, jumlah korban meninggal mencapai puluhan jiwa, sementara jumlah pengungsi mencapai lebih dari ribuan orang.


Di beberapa lokasi hingga hari ini banjir belum juga surut. Momen tahun baru dan bencana banjir membuat harga cabai di DKI dan sekitarnya meroket. Di beberapa pasar tradisional di Jakarta, harga cabai rawit hijau naik 12,3% dan cabai rawit merah naik 13,08% sejak periode 30 Desember hingga hari ini.

Sementara harga cabai merah besar di DKI mengalami penurunan sebesar 6,7%. Pada periode yang sama, harga cabai merah keriting mengalami kenaikan hingga 5,09%. Selain cabai, harga beras kualitas medium I dan daging ayam ras segar di DKI mengalami kenaikan walau tak signifikan.

Selain cabai merah besar, harga telur ayam ras segar juga mengalami sedikit penurunan. Berikut adalah rincian harga bahan pokok di DKI pada periode 30 Desember 2019 - 3 Januari 2020 :



Tak hanya DKI Jakarta saja yang merasakan pedasnya cabai. Harga komoditas cabai di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi juga mengalami kenaikan dobel digit pada periode 30 Desember 2019 - 3 Januari 2020.
Harga Cabai juga Naik di Kota Sekitar DKI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading