Bakal Ramai di Nataru, Tol Trans Sumatera Jadi Fokus Menhub

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
16 December 2019 16:28
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi meminta kepada jajarannya untuk memperhatikan rest area Tol Trans Sumatera, dari Lampung ke Palembang

Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi meminta kepada jajarannya untuk memperhatikan rest area Tol Trans Sumatera, dari Lampung ke Palembang menjelang Libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, berdasarkan arahan menteri, agar secara khusus memperhatikan jalan tol khusus Bakauheni sampai dengan Kayu Agung kemudian sampai Palembang menyangkut masalah rest area.

"Beliau menyampaikan kepada saya, sampai tadi malam masih banyak pesan beliau whatsApp kepada saya, untuk diperhatikan jalan tol khusus Bakauheni sampai dengan Kayu Agung kemudian sampai Palembang menyangkut masalah rest area. Ini pasti akan membangkitkan banyak perjalanan sehingga potensi peningkatan penyeberangan Merak-Bakauheni kita prediksi akan meningkat cukup banyak," kata Budi Setiyadi di kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari detikcom, Senin (16/12/2019).


Selanjutnya, dia juga mengatakan jika Budi Karya meminta untuk lebih memperhatikan aspek kesiapan Pertamina. Dia menambahkan, sebagai Menteri Perhubungan, Budi Karya akan berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk mengamankan rest area yang berada di Tol Trans Sumatera.

"Nanti akan kita carikan waktu beliau akan melihat langsung bagaimana kesiapan dari sisi Pertamina, BBM, dan menyangkut masalah rest area dari Lampung sampai Palembang. Ini jadi perhatian khusus Bapak Menteri Perhubungan karena mungkin dari kesiapan rest areanya termasuk BBM-nya, termasuk kesehatannya, termasuk kesiapan petugas kepolisian dan aparat TNI untuk mengamankan rest area yang sepanjang Lampung sampai Palembang," ucapnya.

Adapun untuk kesiapan dermaga terkait aktivitas penyeberangan dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni, ada 6 dermaga yang sudah siap digunakan saat Natal dan Tahun Baru 2019. Tak hanya dermaga, kesiapan kapal penyebrangan juga menjadi prioritas.

"Kapal kita untuk penyeberangan nanti yang siap ada 74. Ini dari sisi infrastruktur," jelas Budi.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Jalan Kementerian Perhubungan, Pandu Yunianto menjelaskan lebih spesifik mengenai kesiapan Tol Trans Sumatera untuk libur Natal dan Tahun Baru. Dia mencatat ada 12 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang akan dioperasikan di sepanjang tol tersebut selama libur natal dan tahun baru.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dilakukan pekan lalu, ada beberapa catatan yang diberikan langsung oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Tak hanya itu, diskusi juga digelar oleh pihak lain seperti PT Pembangunan Perumahan (PP) dan Pertamina.


"PP dan Pertamina ini yang sudah siap, artinya siap itu dilengkapi dengan pelayanan SPBU itu sekitar 12 titik. Total kilometernya saya lupa ya, mulai dari Bakauheni sampai ke Kayu Agung. Dari 12 titik ini SPBU yang permanen 1, sementara yang 11 itu istilahnya modular tapi dia memberikan pelayanan," ujar Pandu.



(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading