Didaulat Sebagai Asian of The Year, Begini Perasaan Jokowi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
06 December 2019 18:33
Demikian disampaikan Jokowi selepas meresmikan JORR II ruas Kunciran-Serpong di Gerbang Tol Parigi, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (6/12/2019) sore.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mendapatkan anugerah Asian of The Year 2019 dari The Straits Times Singapura, Kamis (5/12/2019).

Penghargaan itu diberikan karena Jokowi dianggap sebagai sosok pemersatu dalam masa yang penuh kekacauan dan gangguan di Indonesia.

"Kepribadiannya yang membumi, kemampuan untuk berhubungan dengan orang-orang, berempati dengan rakyat jelata telah menarik hati banyak orang di dalam negerinya," tulis The Straits Times.


Ditemui di sela-sela peresmian ruas Tol Serpong-Kunciran, Jokowi pun buka suara pascamendapatkan penghargaan tersebut. Menurut kepala negara, hal itu akan menjadi modal pemerintah untuk bekerja lebih baik ke depannya.

"Ya saya kira ini negara kita Indonesia dilihat sebagai negara yang stabil ekonominya, stabil politiknya, bersatu masyarakatnya, ya di luar kita dilihat seperti itu," kata Jokowi, Jumat (6/12/2019).

"Oleh sebab itu harus dijaga. Tidak ada tawar menawar lagi urusan persatuan, persaudaraan, kerukunan. Gak ada. Ini adalah modal besar kita," lanjut eks Wali Kota Solo itu.
Sebagai informasi, The Strait Times menilai salah satu contoh pencapaian mantan Gubernur DKI Jakarta itu di dunia internasional antara lain keberhasilannya untuk menempatkan Indonesia sebagai jantung ASEAN.

"Jokowi membuat para pemimpin negara-negara anggota mengadopsi 'ASEAN Outlook tentang Indo-Pasifik' yang dirancang oleh Indonesia, pada pertemuan ASEAN di Bangkok pada bulan Juni dan yang mempertahankan posisi netral ASEAN di tengah meningkatnya persaingan antara China dan Amerika Serikat (AS) untuk supremasi di negara-negara wilayah tersebut." jelas Straits Times.

Didaulat Sebagai Asian of The Year, Begini Perasaan JokowiFoto: Jokowi meraih penghargaan The Asian of The Year 2019 (Instagram)


Jokowi juga menjadi pemimpin yang pertama kali memperkenalkan konsep kerja sama berdasarkan prinsip-prinsip utama, termasuk keterbukaan, inklusivitas, dan sentralitas ASEAN, pada East Asia Summit di Singapura November tahun lalu.

Pemimpin Redaksi Singapore Press Holdings sekaligus editor The Straits Times Warren Fernandez mengatakan ada beberapa hal yang membuat pihaknya memberi penghargaan ke Jokowi.

"Dia tidak hanya telah memenangkan masa jabatan kedua, tetapi juga telah membawa Indonesia bersamanya dan membawanya lebih maju," katanya.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading