JORR II Operasi, Warga Depok & Tangsel Bisa Bablas Bandara

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
06 December 2019 16:22
JORR II Operasi, Warga Depok & Tangsel Bisa Bablas Bandara
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Jokowi meresmikan ruas tol Serpong-Kunciran sepanjang 11,1 Km, di Pintu Tol Parigi, Tangerang Selatan. Tol Serpong-Kunciran bagian dari JORR II yang sudah lama dirancang sejak 1980-an untuk menghubungkan antar kota di sekitar Jakarta.

Tol Serpong-Kunciran menghubungkan wilayah Tangerang Selatan (Tangsel) dengan Tangerang, Banten, selanjutnya bisa menyambung sampai Bandara Soekarno-Hatta.

"JORR II sepanjang 110 km, 6 ruas tol, dari Cengkareng-Serpong sampai Cinere-Cibitung-Cilincing," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat memberikan sambutan peresmian tol, Jumat (6/12).




Tol Serpong-Kunciran, yang diresmikan hari ini memang menghubungkan daerah Serpong sampai Kunciran sekitar Alam Sutera, Tangerang. Untuk selanjutnya akan tersambung sampai bandara, melalui ruas Kunciran-Cengkareng (Bandara Soekarno-Hatta) yang sudah finalisasi konstruksi, akan diresmikan pada Mei 2020. Sehingga, warga Depok, Tangerang Selatan dan sekitarnya bisa lebih cepat menuju ke Bandara Soekarno-Hatta via JORR.

"Cengkareng-Cinere paling lama Mei 2020 sebelum Lebaran," katanya

Untuk ruas di sisi timur yaitu Tol Cinere-Serpong sepanjang 10,1 Km yang termasuk ke dalam jaringan jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II juga akan tuntas pada 2020.

Jaringan JORR II mencakup Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 km), Kunciran-Serpong (11,1 km), Serpong-Cinere (10,1 km), Cinere-Jagorawi (14,7 km), Cimanggis-Cibitung (25,2 km), dan Cibitung-Cilincing (34 km). Dari ruas-ruas di atas, yang sudah beroperasi adalah ruas Cinere-Jagorawi dan Kunciran-Serpong. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading