Jokowi Hari Ini Bertolak ke Negeri K-Pop, Mau Ngapain?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
23 November 2019 06:43
i sana, Jokowi akan menghadiri sejumlah sesi pada peringatan KTT.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini akan bertolak ke Busan, Korea Selatan untuk menghadiri rangkatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) 30th ASEAN-ROK Commemorative Summit.

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Luar Negeri, Jokowi akan berada di Korea Selatan hingga Selasa, 26 November 2019. Di sana, Jokowi akan menghadiri sejumlah sesi pada peringatan KTT.

Selain itu, Jokowi dijadwalkan akan menghadiri berbagai side event serta pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Moon Jae-in, ilmuwan dan peneliti Indonesia, hingga pelaku bisnis serta ekonomi kreatif di Korea.

KTT ASEAN-Republik Korea tersebut rencananya akan mengesahkan dua dokumen yaitu ASEAN-Republic of Korea Joint Vision Statement for Peace, Prosperity and Partnership dan Co-Chairs' Statement 2019 ASEAN-ROK Commemorative Summit.


Kemitraan ASEAN dan Republik Korea pertama kali dibentuk pada November 1989. Selama 30 tahun kemitraan, berbagai capaian telah diraih melalui terbentuknya ASEAN-ROK Free Trade Area tahun 2005 yang menguatkan perdagangan dan investasi kedua belah pihak.

Hal ini dibuktikan pada 2018 yang mencatat ROK menjadi mitra dagang terbesar ke-5 ASEAN dengan nilai perdagangan sebesar US$ 160,5 miliar dan sumber investasi asing terbesar ke-5 ASEAN dengan nilai 6,6 miliar dollar AS.

Sebagai informasi, KTT Peringatan 30 tahun kerja sama kemitraan ASEAN-ROK ini akan mengusung tema, "Partnership for Peace, Prosperity for People," sebagaimana tersebut dalam tagline pada logo resmi KTT Peringatan Kerja Sama Kemitraan ASEAN-ROK tahun 2019
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading