Mau Kerja Dekat Jokowi atau Sri Mulyani? Ini Syaratnya

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
17 November 2019 16:50
Mau Kerja Dekat Jokowi atau Sri Mulyani? Ini Syaratnya
Jakarta, CNBC Indonesia- Pemerintah membuka pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 11 November 2019 lalu. Kebutuhan pegawai tiap lembaga berbeda, tergantung formasi yang disediakan.

Dikutip dari detikcom, beberapa instansi dan Kementerian sampai saat ini telah menyusun formasi lowongan. Pendaftaran dilakukan melalui situs resmi sscasn.bkn.go.id.

Mereka di antaranya Kementerian Sekretariat Negara dan Sekretariat Kabinet (Setkab). Dua instansi pemerintah di lingkungan Istana ini membuka lowongan 106 formasi CPNS pada tahun ini.


Ketua Tim Pengadaan CPNS Kemensetneg Tahun 2019, Setya Utama, dalam pengumuman resmi tertanggal 11 November 2019 merincikan, 106 lowongan CPNS itu tersebar di Kemensetneg sebanyak 46 formasi untuk 24 jabatan.




Syaratnya, pada saat mendaftar berusia minimal 18 Tahun maksimal 35 tahun (S-2, S-1, dan D-IV) dan 30 tahun (D-III). Sementara, 60 formasi untuk 16 jabatan ada di Sekretariat Kabinet.

"Kementerian Sekretariat Negara juga menyediakan formasi untuk cumlaude (4 alokasi), disabilitas (1 alokasi), putra/putri Papua dan Papua Barat (1 alokasi), dan umum (40 alokasi)," terang Setya dikutip dari laman Setkab, Selasa (12/11/2019).

Selain itu Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tahun ini membuka 202 lowongan. Formasi itu dibagi atas 180 formasi umum dan 22 formasi khusus yang diperuntukan bagi pelamar cumlaude, disabilitas dan putra-putri Papua.

Dari formasi yang dibuka di antaranya berprofesi sebagai analis kebijakan, analis hukum, analis kerja sama, analis keuangan, analis sistem informasi, analis SDM aparatur dan lain sebagainya.

Kementerian Sosial (Kemensos) juga membuka pendaftaran CPNS. Formasi yang ditawarkan sebanyak 117 formasi. Ini tersebar di seluruh direktorat, sekretariat jenderal dan badan lainnya di bawah Kemensos

Perinciannya, 102 formasi umum dan 15 formasi khusus yang diperuntukan bagi pelamar cumlaude, disabilitas dan putra-putri Papua. Lowongam dibuka untuk analis kebijakan ahli pertama, asesor SDM aparatur ahli pertama, pekerja sosial ahli pertama, penyuluh sosial ahli pertama, fisioterapis terampil, perawat terampil dan lainnya.




Lowongan CPNS lain datang dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Ada 3.958 lowongan yang dibuka di bawah kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Lowongan diperuntukan bagi lulusan D-III, D-IV dan S1.

Dari 3.958 formasi yang tersedia itu terdiri dari 3.819 formasi umum. Sementara sebanyak 139 formasi khusus diperuntukan bagi pelamar cumlaude dan disabilitas. Dari formasi yang dibuka terdapat ratusan jenis posisi pekerjaan, beberapa di antaranya guru kelas, dokter, analis budaya hingga analis hukum.

[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading