Aliran Modal Asing Banjiri RI Hingga Rp 226 T, Rupiah Oke

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
08 November 2019 15:02
Aliran Modal Asing Banjiri RI Hingga Rp 226 T, Rupiah Oke
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) mencatat sepanjang tahun berjalan (year to date/ytd) aliran modal asing masuk (inflow) ke dalam negeri mencapai Rp 226 triliun. Inflow masuk ini tercatat hingga 7 November 2019.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo, mengatakan inflow ini masuk ke Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp 175 triliun dan saham sebesar Rp 49 triliun.

"Inflow masuk Rp 226 triliun sebagian besar berasal dari inflow ke SBN," ujar Dody di komplek BI, Jumat (8/11/2019).


Ia menyebutkan, inflow kembali membanjiri Indonesia karena adanya beberapa perkembangan positif dari perekonomian global selama pekan ini yang membuat pasar keuangan kembali membaik.

"Di minggu laporan, inflownya bahkan mencapai Rp 8 triliun yang sebagian besar dari SBN," kata dia.

Adapun, kondisi global yang membaik terutama dari kesepakatan terbaru AS dan China terkait ketegangan dagang ke arah yang positif. Kemudian, isu Brexit di Eropa yang juga membaik meski perekonomiannya masih di koreksi ke bawah.

Kondisi ini juga dinilai membawa penguatan ke nilai tukar rupiah disepanjang pekan ini. Rupiah pada minggu lalu terapresiasi 0,3% dan sepanjang tahun berjalan (ytd) apresiasi 2,68%.

"Gambaran itu menutup sampai dengan perkembangan terakhir rupiah relatif stabil dan bahkan kemarin ada di Rp 13.990 per dolar AS dan itu menggambarkan kinerja yang bagus dari rupiah," jelasnya.

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading