Fiat Chrysler Akui Rencana Merger dengan Peugeot

News - Wahyu Daniel, CNBC Indonesia
30 October 2019 14:29
Fiat Chrysler mengakui pihaknya sedang membicarakan soal rencana mergernya dengan PSA Group, pembuat merek mobil Peugeot dan Citroen.
Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa otomotif Amerika Serikat (AS)-Italia, yaitu Fiat Chrysler, mengakui pihaknya sedang membicarakan soal rencana mergernya dengan PSA Group, pembuat merek mobil Peugeot dan Citroen.

Dilansir dari AFP, Kamis (30/10/2019), Fiat dalam pernyataannya mengonfirmasi sedang melakukan diskusi dengan PSA untuk membuat sebuah grup yang bakal menjadi market leader otomotif di dunia.

Bila merger ini terjadi, maka akan dihasilkan perusahaan dengan nilai US$ 50 miliar atau sekitar Rp 700 triliun.


Kabar beredar, Carlos Tavares selaku CEO PSA Group, induk usaha Peugeot, akan menjadi CEO di perusahaan hasil merger ini. Sementara John Elkann, selaku Chairman dari Fiat Chrysler Automobile, akan menjadi Chairman perusahaan hasil merger ini.


Peugeot membukukan rekor pendapatan US$ 82 miliar atau sekitar Rp 1.148 triliun pada 2018 lalu. Sementara pendapatan Fiat Chrysler adalah 28 miliar euro atau sekitar Rp 436,8 triliun.

Nilai kapitalisasi pasar Peugeot mencapai 22,54 miliar euro, sementara Fiat Chrysler adalah US$ 28 miliar di bursa Wall Street dan 20,74 miliar euro di bursa saham Milan.

Merger kedua grup ini akan membuat merek-merek seperti Alfa Romeo, Chrysler, Dodge, DS, Jeep, Lancia, Maserati, Opel, Peugeot, dan Vauxhall berada dalam satu atap perusahaan.

[Gambas:Video CNBC]


(wed/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading