Wah! MRT Akan Dibangun Dari Ujung Menteng ke Kembangan Jakbar

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
30 October 2019 14:15
Akan ada pembangunan MRT fase III dari Ujung Menteng (Jakarta Timur) hingga ke Kembangan (Jakarta Barat).
Jakarta, CNBC IndonesiaPengerjaan pembangunan jalur MRT fase II rute Bundaran HI sampai Jakarta Kota sedang dilakukan. Setelahnya, MRT akan lanjut dibangun sampai ke Ancol Barat.

Selain itu, akan ada pembangunan MRT fase III dari Ujung Menteng (Jakarta Timur) hingga ke Kembangan (Jakarta Barat).

"Sekarang prosesnya fase dua itu dari Bundaran HI ke Kota dulu. Setelah Bundaran HI-Kota, dilanjutkan sampai ke Ancol Barat. Saat ini dalam tahap lelang pengadaan untuk vendornya. Target penyelesaian di 2024," kata Direktur Pengembangan & Dukungan Bisnis PT MRT Jakarta, Ghamal Peris, dalam acara Profit CNBC Indonesia, Rabu (30/10/2019).


"Tapi ada lagi nanti (koridor) East West, dari Ujung Menteng ke Kembangan. Ini dalam tahap feasibility studies dengan Kemenhub (Kementerian Perhubungan)," katanya lagi.

Wah! MRT Akan Dibangun Dari Ujung Menteng ke Kembangan JakbarFoto: Direktur Pengembangan Bisnis MRT Ghamal Peris (CNBC Indonesia/Rehia Sebayang)


Sebelumnya pada Juli lalu, Direktur Utama PT MRT, Jakarta William Sabandar, mengatakan pembangunan rute ini akan dimulai pada 2020. Sementara biayanya diperkirakan membutuhkan US$ 4 miliar atau setara Rp 56 triliun (asumsi kurs Rp 14.000/dolar).

Wiliam mengatakan, investasi tersebut akan berasal dari pinjaman langsung, penyertaan modal pemerintah, dan dana swasta. Tahun ini, pihaknya mengupayakan agar pembangunan fase III masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) dan membuka komunikasi dengan para donatur utama.

"Secara serius kita melakukan percakapan JICA, Asian Development Bank, Asian Infrastructure Investment Bank yang tahun ini akan terus dikomunikasikan," kata William.

Fase III mempunyai panjang total 31 km yang akan melewati 22 stasiun, dari Kalideres hingga Ujung Menteng yang dibagi atas 2 stage, yaitu Kalideres-Cempaka Baru dan Cempaka Baru-Ujung Menteng.

"Fase III akan ada dua depo, di sekitar Kalideres, lalu satunya di Ujung Menteng, kemudian akan ada 22 stasiun dengan titik temu ada di Sarinah," kata William.

[Gambas:Video CNBC]


(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading