Ulang Tahun ke-74, PLN Gelar Festival PLN Peduli

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
21 October 2019 16:48
Ulang Tahun ke-74, PLN Gelar Festival PLN Peduli
Jakarta, CNBC Indonesia - PT PLN (Pesero) menggelar Festival PLN Peduli dalam rangka menyambut Hari Listrik Nasional ke-74 di Kantor Pusat PLN, Trunojoyo, Jakarta.
Festival PLN Peduli yang pertama kalinya ini memiliki tiga program acara utama yaitu seleksi dan penilaian program unggulan Corporate Social Responsibility (CSR) PLN Awards dari seluruh unit dan Anak Perusahaan (AP) PLN, Expo atau pameran booth program CSR dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) unggulan, dan Talkshow yang mengusung tema PLN Peduli yang berwawasan Lingkungan untuk keberlanjutan Perusahaan.

"Festival PLN Peduli ini untuk pertama kalinya diselenggarakan oleh PLN sebagai perayaan dari CSR PLN Awards 2019, kami menyeleksi CSR binaan seluruh unit dan AP PLN dari September hingga 15 Oktober, mengadakan expo PLN Peduli yang menampilkan program-program Unggulan CSR serta produk-produk Unggulan Mitra Binaan PLN seluruh Indonesia dari 21-23 Oktober, dan Talkshow sebagai puncak acara pengumuman pemenang CSR PLN Awards 2019," kata Direktur PLN Amir Rosidin di Jakarta, Senin (21/10/2019).

Seleksi CSR PLN Awards 2019 memiliki beberapa kriteria penilaian utama, diantaranya adalah manfaat program, program pemberdayaan, jumlah penerima manfaat, terdapat exit strategy, adanya peran para pihak, komitmen manajemen PLN, publikasi media dan pengakuan manfaat program dari stakeholder.




Adapun beberapa tujuan diadakannya Festival PLN Peduli khususnya CSR PLN Awards 2019 yaitu mendorong terciptanya program CSR unggulan di PLN Group, memberikan apresiasi terhadap Program Unggulan CSR yang telah melaksanakan program Unggulan terbaik, memperluas pemasaran Mitra Binaan, mengimplementasikan program CSR yang mendukung proses bisnis perusahaan dari hulu ke hilir, meningkatkan reputasi bisnis, citra, kepercayaan publik, dan investasi jangka panjang, serta menjalin hubungan yang harmonis dengan stakeholder.

"Kami berharap bahwa acara seperti ini semakin membentuk perspektif bahwa program CSR perusahaan bukan hanya menjalankan kewajiban Undang-undang (UU) pemerintah dalam hal sosial lingkungan, namun sebagai komitmen perusahaan untuk bersama sama meningkatkan ekonomi, sosial, edukasi masyakaat sehingga kesejahteraan masyarakat sekitar dapat seiring sejalan dengan kemajuan PLN hingga tercipta hubungan yang harmonis didalamnya," tambah Amir.

Acara ini juga sejalan dengan tujuan PLN dalam menjalankan Sustainable Development Goals (SDGs) ke 7 yaitu Menjamin akses energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, modern untuk semua.
Sementara itu, Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan jika CSR PLN Award dimaksudkan untuk merangsang kreativitas unit kerja PLN yang tersebar di seluruh wilayah. Di mana mayoritas CSR bergerak untuk pembangunan lingkungan dan masyarakat.
"Itu penting bagi tumbuh kembang daya mampu masyarakat. jadi supaya terlahir generasi yangs ehat untuk bisa berkompetisi dalam produktivitas," ujarnya.
Adapun pemenang dalam CSR PLN Award yang pertama ini adalah Juara Harapan I Unit Induk Wilayah NTT dengan program Pemasangan Listrik Gratisuntuk Peningkatan Perekonomian Masyarakat "Tirai Kasi, Juara Harapan II Unit Induk Wilayah NTB "Wanita Berdaya Pesisir Pantai Kuranji dalang Pengelola Abon Ikan", Juara Harapan III Unit Induk Distribusi Jakarta "Kampung Peduli PHBS RW 05 Kreo.



Sementara pemenang atau Juara I,II dan III masing-masing adalah PLN UID Jawa Timur "Desa Wisata Sendi yang Nyaris Hilang Berjuang Demi Eksistensi, UID Jawa Tengah "Kemilau Krisan Bukit Menoreh, dan PLTGU Grati POMU-Indonesia Power "Desa Konservasi Energi dengan Pemanfaatan Kotoran sapi sebagai biogas di Desa Balinganyar.
(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading