Bos Freeport Kembali Bertemu Jokowi, Ini yang Dibahas!

News - Annisatul Umah, CNBC Indonesia
08 October 2019 13:26
Bos Freeport Kembali Bertemu Jokowi, Ini yang Dibahas!
Jakarta, CNBC Indonesia- CEO Freeport McMoran Richard Adkerson kembali menyambangi Presiden Joko Widodo, di Istana Bogor, kemarin.

Dalam kunjungannya, Richard didampingi oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono.




Dijumpai di Kementerian ESDM hari ini, Bambang pun menceritakan apa saja yang dibahas dan dibicarakan di pertemuan tersebut. "Biasa saja, laporan saja. Adkerson laporkan perkembangan. Semuanya, perusahaan Freeport semuanya dilaporin ya pertemuan biasa kayak laporan ke Presiden begini," ujarnya, Selasa (8/10/2019).

Bambang juga menjelaskan bahwa kondisi pertambangan Freeport di Papua dari sisi pengamanan masih terjaga dan beroperasi normal.

Sementara, Freeport baru saja mendapat jatah kuota eksport 250% pada September lalu dari pemerintah. Dari yang semula izin di 2019 hanya ekspor 198.200 ton meroket hingga 700 ribu ton.



Pemberian jatah ekspor yang meroket ini dikarenakan Freeport berniat mengoptimalkan tambang terbuka jelang berakhir beroperasi. Bambang membantah bahwa Freeport mendatangi Jokowi untuk kembali meminta jatah ekspor di Oktober ini, "Enggak," katanya.

Terkait proyek smelter, menurutnya juga belum dibahas karena saat ini masih masuk periode evaluasi dari surveyor. PT Freeport Indonesia disebut sudah mengeluarkan dana US$ 151,7 juta atau Rp 2 triliun lebih untuk pematangan tanah, guna membangun smelter di Gresik, Jawa Timur.



[Gambas:Video CNBC]

(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading