Usai Jokowi Dilantik, Ada Lowongan 197 Ribu Formasi CPNS Lho!

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
26 September 2019 20:08
Usai Jokowi Dilantik, Ada Lowongan 197 Ribu Formasi CPNS Lho!
Jakarta, CNBC Indonesia - Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dipastikan dibuka bulan depan. Pengumuman resmi bakal disampaikan pada pekan keempat Oktober 2019.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Setiawan Wangsaatmaja, menegaskan bahwa pembukaan dilakukan segera setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024, Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Ya itu kan setelah pelantikan (presiden-wapres)," ujarnya ketika ditemui di komplek parlemen, Jakarta, Kamis (26/9/2019).




"Itu kan pengumuman pendaftaran di Oktober. Ya itu, pokoknya pengumuman kan 15 hari. Pendaftarannya bisa jadi 2-3 hari sudah bisa dibuka," lanjutnya.

Secara resmi, ada tahapan-tahapan dengan periode waktu tertentu selama proses penerimaan. Nantinya, setelah seleksi administrasi, tes CPNS diperkirakan berlangsung pada Februari 2020.

Ia menjelaskan total 197.111 formasi yang dibuka. Dari jumlah itu, mayoritas kebutuhan formasi ada pada pemerintah daerah.

"Kebanyakan daerah lah. Ada 159 ribuan untuk daerah, pusatnya 37 ribuan," urainya.



Kendati demikian, dia belum bisa memberikan rincian formasi apa saja yang dibutuhkan. Sebab, dalam beberapa pekan ke depan, jumlah masing-masing formasi masih dihitung di semua sektor.

"Masih lengkap semua, guru, kesehatan, tenaga teknis fungsional, tenaga teknis lainnya," katanya. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading