Smart SIM Milik BNI Sudah Bisa untuk Uang Elektronik

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
22 September 2019 23:06
Smart SIM Milik BNI Sudah Bisa untuk Uang Elektronik
Jakarta, CNBC Indonesia - Korlantas POLRI menggadeng Bank BNI dalam uji coba Smart SIM untuk kalangan terbatas di lingkungan POLRI. Smart SIM punya 3 fungsi yaitu menyimpan data diri penerima SIM, data historikal pelanggaran lalu lintas dan uang elektronik.

Khusus untuk uang elektronik pada smart SIM saat ini baru menggunakan uang elektronikBNI atauTapCashBNI. Ke depanKorlantas juga akan membuka Smart SIM ini dengan menggunakan uang elektronik Bank-BankHimbara serta Bank Lainnya.

"Selamat dan sukses HUT lalu lintas Bhayangkara ke-64 dan sukses untuk Korlantas POLRI yang terus melakukan inovasi digital guna meningkatkan layanan lalu lintas bagi masyarakat sehingga tercapai Road Safety bagi pengguna lalu lintas." ujar Susi Adi Sulistyowati, Direktur Hubungan Lembaga BNI dalam keterangan resminya, Minggu (22/9).

Susi Adi Sulistyowati menambahkan bahwa kehadiran Smart SIM yang diinisiasi oleh Korlantas POLRI, Bank Indonesia, OJK dan Bank BNI akan memberikan nilai tambah pada fungsi SIM sehingga ke depan SIM tidak hanya berfungsi sebagai surat ijin berkendara saja, namun ditambahkan fungsi menyimpan data pemilik SIM, data histori pelanggaran lalu lintas pemegang SIM.

Selain itu, smart SIM juga sebagai uang elektronik yang dapat digunakan untuk pembayaran denda pelanggaran tilang, pembayaran TOL, pembayaran KA Commuter Line, pembayaran Bus Transjakarta, pembayaran parkir dan lain-lain fungsi uang elektronik.


Namun saat ini fungsi uang elektronik ini baru bersifat uji coba terbatas di lingkungan POLRI sesuai izin Bank Indonesia. Fungsi uang elektronik baru akan dibuka secara luas ke masyarakat setelah mendapat izin Bank Indonesia. Smart SIM ini sebagai sarana BI dan OJK serta Bank BNI untuk meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat luas.

"Smart SIM yang baru saja di launching saat ini baru diterbitkan hanya oleh Bank BNI saja sesuai degan persetujuan yang diberikan dari BI dan OJK," katanya

Susi bilang, Bank BNI sebagai bank BUMN, mendukung program-program digitalisasi Korlantas POLRI guna meningkatkan layanan lalu lintas dan juga kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan lalu lintas, seperti diantarnya saat ini BNI telah ikut serta dalam program Samsat Online.

Selain itu, Ke depan Bank BNI akan terus turut serta dalam program layanan digital Korlantas POLRI diantaranya: pendaftaran SIM Online, pembayaran e-tilang dan berbagai inovasi digital Korlantas POLRI lainnya.

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading