Foto

Penampakan Kerennya Tol Cisumdawu yang Menembus Perut Gunung

News - Pool, CNBC Indonesia
09 September 2019 10:18
Jalan Tol Cisumdawu tersebut mempunyai dua terowongan menembus bukit berlawanan arah

Presiden RI Joko Widodo baru saja memamerkan kemegahan konstruksi pembangunan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) lewat akun instagram pribadinya. Jalan Tol ini akan menyambungkan titik Ranca Kalong dan Sumedang, Jawa Barat. (Screenshot Instagram @jokowi)

Jalan Tol Cisumdawu ini mempunyai dua sisi arah berterowongan kembar yang menembus bukit dan mempunyai panjang sebesar 472 meter. Di atasnya juga dihiasi jalanan dan jembatan berliku yang menghubung pemukiman warga diatas yaitu Desa Cilengser, Kecamatan Ranca Kalong, Sumedang. (Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

Tol yang membentang 60,47 kilometer (km) ini diperkirakan bisa memberi dampak signifikan terhadap operasional Bandara Kertajati di Majalengka. Bandara Internasional Kertajati ini kini mulai sepi penumpang lantaran lokasinya yang belum didukung oleh konektivitas infrastruktur yang baik. (Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

Tol Cisumdawu nantinya akan memberikan akses bagi masyarakat khususnya Bandung lebih mudah menuju Kertajati. Jika tol Cisumdawu sudah beroperasi, maka masyarakat Bandung bisa menempuh selama 45 menit ke Kertajati yang saat ini bisa mencapai sampai tiga jam. (Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Seksi 1-3 Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 33 Km dapat dilalui fungsional pada arus mudik tahun 2020. Pemerintah sendiri menargetkan pengoperasian Jalan Tol Cisumdawu secara keseluruhan pada akhir 2020. (Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

Adapun seksi 1 sampai 3 sepanjang 32,3 kilometer ditargetkan rampung akhir tahun 2020. Sementara sisanya, seksi 4 sampai 6 sepanjang 29,2 kilometer sebagian dalam tahap konstruksi, dan tahap pembebasan lahan. (Biro Kementerian PUPR)

Jokowi berharap kehadiran jalan tol ini akan memperlancar akses kendaraan dari Bandung menuju Bandara Kertajati di Majalengka dan mendukung pengembangan kawasan segitiga emas Cirebon Subang Majalengka sebagai pusat ekonomi baru. (Biro Kementerian PUPR)

"Kami optimis akhir tahun 2020, Tol Cisumdawu bisa rampung. Untuk arus mudik 2020, Seksi 1-3 diharapkan sudah bisa dilalui fungsional yakni sampai Sumedang." kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit, dalam keterangan resmi di situs Kementerian PUPR. (Biro Kementerian PUPR)

Foto Lainnya
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terkait
    spinner loading