Akhir 2019 Bakauheni-Palembang Tersambung Tol Cuma 4 Jam

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
05 September 2019 12:54
Akhir 2019 Bakauheni-Palembang Tersambung Tol Cuma 4 Jam

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal meresmikan ruas tol baru yang terintegrasi dengan jaringan Tol Trans Sumatera pada September ini. Ruas tersebut merupakan proyek yang dikerjakan PT Hutama Karya (Persero).

Direktur Utama PT Hutama Karya, Bintang Perbowo, menyebut, ruas yang siap diresmikan yakni Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung. Ruas tersebut terdiri dari 2 seksi, yakni Terbanggi Besar - Pematang Panggang dan Pematang Panggang- Kayu Agung .

"Ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung direncanakan akan diresmikan langsung oleh Presiden RI pada bulan September 2019, dan akan menyambungkan Bakauheni hingga Palembang," kata Bintang dalam sebuah bincang santai di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kamis (5/9/2019).


Sebelumnya pada Maret lalu Jokowi sudah meresmikan Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 km. Adapun Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung memiliki panjang 185 km.

Dua ruas tol ini bakal tersambung dengan ruas Kayu Agung - Palembang sepanjang 33 km. Tol Kayu Agung - Palembang konsesinya dimiliki badan usaha tol lain, direncanakan dapat difungsionalkan pada akhir tahun ini.

Ketika keseluruhan ruas Bakauheni-Palembang tersebut tersambung akhir tahun ini, maka dapat dipastikan Bakauheni menuju Palembang dapat ditempuh dalam waktu 4 jam dengan jarak tempuh kurang lebih 365 km. Sebelum ada tol ini, waktu tempuh tercatat 10-12 jam.

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading