Menko Luhut: RI Bakal Jadi Pemain Global Kendaraan Listrik!

News - Lynda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
31 August 2019 09:39
Luhut Binsar Pandjaitan mengajak masyarakat Indonesia khususnya di kota besar mulai beralih ke kendaraan listrik.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengajak masyarakat Indonesia khususnya di kota besar mulai beralih ke kendaraan listrik. Khusus di DKI Jakarta, kondisinya sudah sangat parah yakni 70 persen polusi.

"Mobilnya sendiri sangat ramah lingkungan karena cuma menggunakan baterai bukan emisi. Saya pikir Indonesia akan pemain global dalam hal ini. Saya senang dengan para menteri dan pelaku industri membicarakan ini karena mereka juga menciptakan ini sangat bagus," kata Luhut saat acara Menuju Indonesia Bersih Udara dan Hemat Energi dengan Kendaraan Listrik di Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019).

Para masyarakat pun tak perlu khawatir untuk regulasi. Luhut menyampaikan hal itu akan segera di selesaikan. Mereka juga sudah bisa mengganti atau membeli listrik mulai dari sekarang.


Luhut berharap dalam 2-3 tahun ke depan, Indonesia akan mengalami perubahan berkat penggunaan mobil listrik. Ini khususnya untuk kota-kota besar yang menyumbang banyak polusi.

Menko Luhut: RI Bakal Jadi Pemain Global Kendaraan Listrik!Foto: Konvoi Motor Listrik / Linda Hasibuan


"Kita enggak lama-lama, regulasi nanti kita hajar semua. Pokoknya semua untuk kepentingan bangsa ini yang buat bikin bagus, efisien, lingkungan jadi baik, mengurangi import itu pasti kita lakukan," papar nya.

Di waktu yang sama, Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa penggunaan kendaraan listrik juga akan menyasar pada transportasi umum seperti Trans Jakarta.

Soal regulasi yang masih tersendat, pihaknya akan segera menyelesaikannya dalam waktu dekat. Sehingga transportasi umum seperti Trans Jakarta juga beroperasi dengan mobil listrik.

"Dalam waktu seminggu kami akan segera selesaikan. Minggu depan kendaraan umum sudah bisa beroperasi dengan mobil listrik termasuk Trans Jakarta," ucap Budi.

Konvoi Motor Listrik

Sebanyak empat menteri Kabinet Kerja pagi ini menjajal motor listrik di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Mereka adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir.

Luhut, Budi Karya, Airlangga, dan Nasir menjajal motor listrik mulai dari Monas hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI). Konvoi motor listrik ini merupakan rangkaian acara dari Pameran dan Parade Kendaraan Bermotor Listrik yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan.

Dalam acara ini juga dipamerkan sejumlah kendaraan listrik seperti truk listrik, bus listrik, mobil listrik, motor listrik, dan sepeda listrik. Kendaraan-kendaraan listrik tersebut merupakan produksi dari dalam dan luar negeri, seperti Gesits, Viar, Honda, Hino, BMW, Selis, dan sebagainya.





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading