Jokowi: Bandara Yogya Bakal Terkoneksi Kereta Hingga Tol

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
29 August 2019 13:16
Jokowi: Bandara Yogya Bakal Terkoneksi Kereta Hingga Tol
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi meninjau Bandar Udara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo, Yogyakarta.

Mengutip keterangan resmi Sekretariat Kepresidenan, Jokowi mengatakan bandara tersebut bisa menampung sekitar 20 juta per tahun. Bahkan, luas terminal bandara YIA yang mencapai 219.000 meter persegi jauh lebih luas dari Bandara Adisucipto.

"Ini nanti akan diselesaikan Desember, setelah lebaran bisa beroperasi full 100%," kata Jokowi.


Jokowi mengemukakan, Bandara Internasional Yogyakarta akan terkoneksi kereta dan tol. Namun, kepala negara tetap meminta adanya tambahan slot penerbangan luar negeri untuk memancing turis datang ke Indonesia, khususnya Yogyakarta.

"Ini cepat sekali ini, cepat sekali. Sangat cepat sekali. Dan saya tadi lihat pekerjaan kualitasnya juga sangat baik," puji Jokowi.

Ke depan, sambung Jokowi, Bandara Internasional Yogyakarta ini bisa didarati pesawat besar, seperti triple 7 karena memang kualitas runway yang sangat bagus.

Jokowi pun menargetkan bandara ini bisa terkoneksi dengan kereta api pada Maret 2020. Sementara untuk jalan tol sendiri, diharapkan dapat dibangun secara bertahap.

"Semuanya akan terkoneksi. balik lagi ini saya desain besarnya kelihatan satu persatu diselesaikan. Ini rampungkan dulu ya," ujarnya.







(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading