Jokowi Perkenalkan Ikon Baru Kota Solo, Apa Ya?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
29 August 2019 09:19
Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi memperkenalkan ikon baru di Kota Solo.

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi memperkenalkan ikon baru di Kota Solo, Jawa Tengah yang merupakan tanah kelahirannya.

Ikon baru Kota Solo yang diperkenalkan Kepala Negara yakni Stadion Manahan. Stadion ini bahkan disebut setara dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

"Perkenalkan, ikon baru Kota Solo : Stadion Manahan yang megah dan modern yang rampung bulan September 2019 ini," kata Jokowi dikutip melalui akun Instagram @jokowi, Kamis (29/8/2019).

[Gambas:Instagram]


Jokowi mengemukakan stadion berkapasitas 20.000 penonton kursi tunggal ini dihiasi motif batik Kawung. Adapun rumput yang digunakan berjenis Zoysia Japonica, layaknya SUGBK.

"Tribunnya juga beratap agar penonton aman dari hujan dan panas," jelasnya.



Stadion Manahan diterangi oleh cahaya lampu hingga 1.500 lux, dilengkapi papan skor elektronik besar, dan tersedia kolam berendam air panas untuk setiap tim di ruang ganti.

Fasilitas yang dimiliki Stadion Manahan merupakan standar yang ditetapkan oleh FIFA. Rencananya jika tidak ada halangan, stadion ini akan selesai direnovasi bulan depan.

"Dengan begitu Stadion Manahan layak menjadi venue event olahraga skala nasional dan internasional," kata mantan Wali Kota Solo ini.

Sebagai informasi, stadion ini mulai direnovasi pada bulan Agustus 2018 lalu dengan menggunakan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Adapun biaya renovasi Stadion Manahan mencapai Rp 301,33 miliar, yang dikerjakan oleh kontraktor PT Adhi Karya Tbk dan PT Penta Rekayasa (Kerja Sama Operasi/KSO).


(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading