Rupiah Melemah, Ada Ancaman Risiko Kredit Perbankan

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
06 August 2019 12:35
Rupiah Melemah, Ada Ancaman Risiko Kredit Perbankan
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali melemah pada pembukaan perdagangan hari ini. Dolar AS sudah menyentuh level Rp 14.300/US$.

Pada Selasa (5/8/2019), dolar AS dibanderol Rp 14.300 saat pembukaan pasar spot. Rupiah melemah 0,35% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan, dalam jangka pendek ini, rupiah berpotensi menyentuh level Rp 14.375/US$. Pelemahan rupiah ini pun akan memberikan dampak pada sektor perbankan sehingga harus diwaspadai.


"Perbankan perlu memitigasi risiko kredit yang didorong oleh dampak pelemahan nilai tukar rupiah," ujar Josua kepada CNBC Indonesia, Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Menurutnya, mitigasi resiko harus dilakukan terutama bagi debitur yang memiliki pinjaman valuta asing (valas), namun penerimaannya dalam mata uang rupiah.

"Ini terutama pada portofolio kredit yang memiliki eksposur risiko nilai tukar, khususnya bagi debitur yang memiliki kewajiban valas namun hanya memiliki penerimaan rupiah," jelasnya.







(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading