Gathering Jokowi & Kabinet Kerja: Lanjut atau Berpisah?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
05 August 2019 12:02
Jokowi menggelar acara Gathering Keluarga Kabinet Kerja dengan tema
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar acara Gathering Keluarga Kabinet Kerja dengan tema "Solidaritas Tanpa Batas" di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/8/2019).

Jokowi bersama Iriana Jokowi mengundang Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla, para menteri, hingga eks anggota Kabinet Kerja untuk berkumpul bersama di kediaman kepala negara.


Ini adalah gathering pertama yang dilakukan Jokowi dan Kabinet Kerja setelah lima tahun menjadi kepala negara. Uniknya, temu akrab ini dilakukan menjelang periode pertama pemerintahan Jokowi berakhir pada Oktober mendatang.



"Rencana lama, pengennya itu enam bulan ketemu sekali. Atau minimum setahun sekali. Tapi ini lima tahun baru sekali," kata Jokowi.



Jokowi lantas membeberkan alasannya ikut mengundang para 'mantan' anggota Kabinet Kerja seperti Andi Widjajanto (eks Sekretaris Kabinet), Andrinof Chaniago (eks Menteri PPN/Kepala Bappenas), hingga Khofifah Indar Parawansa (eks Menteri Sosial).


"Ya semuanya yang telah ikut bersama-sama, bekerja keras untuk pemerintah, untuk negara kita, semuanya kita undang. Kita ingin ada kumpul bareng untuk memperkuat solidaritas kita," jelasnya.


Dalam kesempatan ini, Jokowi bersama anggota Kabinet Kerja pun menggalang dana sebagai bentuk solidaritas kepada masyarakat yang sedang tertimpa musibah pada bencana gempa Banten, yang terjadi Jumat (2/8) malam.


Pertemuan ini memiliki makna tersendiri bagi Jokowi. Sebagai pemimpin pemerintahan, Jokowi berharap pertemuan ini sekaligus dapat mempererat hubungan antar menteri terutama dalam hal koordinasi.


"Ya bekerja kita ini bekerja tim. Bekerja kita enggak sendiri-sendiri. Menko ke bawah itu menteri-menteri kerjanya tim. Jadi ya semakin akrab beliau-beliau ini," katanya.


Gathering Jokowi & Kabinet Kerja: Lanjut atau Berpisah?Foto: Kumpul Kabinet Kerja di Istana Kepresidenan Bogor (BPMI Setpres/Muchlis Jr.)


Pertemuan yang digelar menjelang akhir pemerintahan Jokowi-JK ini mematik pertanyaan, apakah acara ini adalah bagian dari perpisahan para menteri, mengingat Jokowi akan kembali mengocok ulang susunan kabinet di periode kedua.

Lantas, apa kata Jokowi saat disinggung kemungkinan anggota Kabinet Kerja lanjut di periode kedua?

"Oh dilanjutkan," kata Jokowi sembari tertawa.

Gathering Jokowi & Kabinet Kerja: Lanjut atau Berpisah?Foto: foto : Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berfoto bersama anggota keluarga Kabinet Kerja I di Istana Bogor (fdok: Juru Bicara Wapres JK Husain Abdullah @husainabdullah1)



(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading