Listrik PLN Belum Stabil, 3 Bandara AP II Beroperasi Normal

News - Wangi Sinintia Mangkuto, CNBC Indonesia
05 August 2019 09:17
AP II mengungkapkan tiga bandara di bawah kelolaan perseroan di Jakarta dan Jawa Barat beroperasi normal.
Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mengungkapkan tiga bandara di bawah kelolaan perseroan di Jakarta dan Jawa Barat beroperasi normal, meski pada Minggu kemarin (4/8/2019) terdapat gangguan aliran listrik dari PT PLN (Persero).

Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, gangguan aliran listrik diatasi dengan mengoperasikan 17 genset guna mendukung operasional bandara baik di sisi darat (land side), maupun sisi udara (airside).


Sejalan dengan itu, AP II juga menyatakan bahwa penerbangan pun berjalan normal. 
Selain genset, kelistrikan di Soekarno-Hatta juga diperkuat dengan uniterrupted power supply (UPS), yang membuat kinerja sejumlah sistem tidak terganggu sama sekali meski ada gangguan aliran listrik.

Bandara memang sempat terkena dampak gangguan dari PLN, tetapi langsung didukung dengan 17 genset tersebut sehingga kebutuhan listrik di Bandara Internasional Soekarno-Hatta aman terkendali.

"Kondisi operasional normal, tak ada layanan
yang terganggu," ujar Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta Febri Toga Simatupang, dalam keterangan resmi, dikutip Senin (5/8/2019).

Sementara itu, operasional Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung, juga berjalan normal didukung genset yang dioperasikan mulai pukul 10.45 WIB.


Adapun aliran listrik PLN di Bandara Husein Sastranegara sudah normal kembali sejak pukul 18.25 WIB pada Minggu malam. 
"Penerbangan berjalan lancar. Genset digunakan sejak 10.45 WIB, dan PLN kembali normal pada pukul 18.25 WIB," ujar Plt Executive General Manager (EGM) Bandara Internasional Husein Sastranegara Iwan Winaya.

Adapun penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, juga berjalan normal didukung genset untuk mengatasi gangguan arus listrik.

Selain itu, gangguan perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta yang disebabkan pemadaman listrik di area Jabodetabek juga kini telah beroperasional normal kembali. PT Railink yang mengoperasikan kerera bandara juga dinyatakan siap melayani seperti biasa mulai Senin, 5 Agustus 2019 pukul 04.51 WIB untuk relasi Stasiun BNI City - Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Sementara pada pukul 06.20 WIB dilayani untuk relasi Stasiun Bandara Soekarno-Hatta -Stasiun BNI City.

Railink juga masih memberikan diskon hingga 57% khusus untuk pembelian melalui online (aplikasi dan internet booking) sampai dengan 31 Agustus 2019.


Artikel Selanjutnya

Tiba di RI, 56.085 Penumpang di Bandara Soetta Dikarantina!


(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading