Ketika Sri Mulyani Optimistis Soal Investasi Semester II-2019

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
30 July 2019 19:20
Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi pada semester I-2019 meningkat 9,4%
Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi pada semester I-2019 meningkat 9,4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tercatat Investasi pada Januari-Juni 2019 mencapai Rp395,6 triliun, naik dibandingkan Januari-Juni 2018 sebesar Rp361,6 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kenaikan investasi ini akan terus berlanjut hingga akhir tahun mendatang. Pasalnya, momentum wait and see pengusaha karena menunggu kepastian pemilu telah usai.

"Kita tetap optimis dengan momentum setelah selesai pemilu dan arah kebijakan Presiden Jokowi yang ingin pacu investasi dan ekspor dan dukung bidang-bidang di pariwisata juga," ujar Sri Mulyani di Gedung BI, Jakarta, Selasa (30/7/2019).


Menurutnya, banyak langkah juga yang telah dilakukan pemerintah untuk mendukung kenaikan investasi tersebut. Diantaranya dengan menurunkan kebijakan yang mendukung seperti tax holiday dan tax allowance sehingga dunia usaha bisa fokus menggunakannya.

"Kita juga buat kebijakan di vokasi untuk pacu gairah dunia usaha dan gunakan space yang diberikan pemerintah untuk tingkatkan usahanya," jelasnya.

Bendahara negara ini menjelaskan, pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan menggenjot segala aspek yang mendukung. Ini sejalan dengan fokus Presiden Jokowi pada periode keduanya menjabat sebagai pemimpin negara.

"Ini adalah langkah-langkah konkrit yang bisa timbulkan confindence. Inilah yang akan meningkatkan kinerja di semester II. Kita harap FDI agar terakselerasi. Jadi dengan momentum global positif dan dalam negeri ada arah yang jelas, maka kita harap momentum positif dr investment," tegasnya.





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading