Lexus Siap Ramaikan Tender Mobil RI-1 Jokowi

News - S. Pablo I. Pareira, CNBC Indonesia
19 July 2019 19:31
Lexus Siap Ramaikan Tender Mobil RI-1 Jokowi
Jakarta, CNBC Indonesia - Mobil Mercedes-Benz S600 Guard dalam 5 tahun terakhir selalu setia menemani Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sedan tersebut hampir selalu mengikuti ke manapun Kepala Negara bepergian.

Namun, harus diakui kondisi mobil kepresidenan tersebut sudah tidak optimal. Berdasarkan catatan CNBC Indonesia, rekam jejak mobil asal Jerman itu memang kerap kali mogok di tengah jalan.

Contohnya, saat Kepala Negara melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat, serta Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. Itu hanya salah satu dari beberapa masalah yang pernah menimpa mobil tersebut.

Maklum saja, mobil yang ditunggangi Jokowi selama ini merupakan warisan dari pendahulunya, alias belum ada pergantian. PihakĀ Sekretariat Negara pun mengakui dua pabrikan mobil premium asal Jerman, Mercedes-Benz dan BMW sudah menawarkan produk mobilnya untuk mobil kepresidenan RI-1 yang baru.

"Betul, BMW dan Mercedes Benz sudah menawarkan. Informasi mengenai perkembangan pengadaan Presiden, nanti akan disampaikan resmi oleh Kemsetneg," kata Kepala Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) Piping Supriatna kepada CNBC Indonesia awal bulan ini.

Bagaimana dengan produsen mobil premium asal Jepang, Lexus?

Dalam wawancara eksklusifnya dengan CNBC Indonesia, General Manager (GM) Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja mengatakan pihaknya sudah mengetahui adanya rencana pemerintah melakukan tender mobil kepresidenan. Lexus pun siap menawarkan produk terbaiknya apabila diminta.

"Natural saja. Kalau pemerintah ingin kita support, kita pasti siap support. Tentunya pemerintah punya banyak pertimbangan, termasuk supply ability," kata Adrian di sela gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD, Kamis (18/7/2019).

Adrian menjelaskan, saat ini permintaan terhadap mobil Lexus di Tanah Air jauh lebih besar dibandingkan suplai. Ketersediaan ini menurutnya mungkin menjadi pertimbangan pemerintah.

"Saat ini demand kita lebih besar dari supply. Untuk membeli Lexus ES Hybrid saja customer harus menunggu 9 bulan. Mungkin availability jadi pertimbangan pemerintah," jelasnya.

Hingga akhir tahun ini, Lexus menargetkan penjualan 1.500 unit di Indonesia, meningkat 20% dari tahun lalu. Adrian menyebut Lexus menguasai sekitar 22% pangsa pasar di pasar mobil premium Tanah Air saat ini.


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading