Menabung di Bank? Ini Deretan Biaya yang Harus Ditanggung

News - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
14 July 2019 12:25
Menabung di Bank? Ini Deretan Biaya yang Harus Ditanggung Foto: REUTERS/Beawiharta/File Photo
Jakarta, CNBC Indonesia - Menabung di bank bukan semata perihal menaruh sejumlah dana di dalam rekening. Sebelum menabung, nasabah perlu tahu bahwa bank-bank mengenakan biaya-biaya kepada nasabah, baik yang sifatnya rutin atau tidak rutin.

Berikut biaya-biaya yang dikenakan kepada nasabah oleh bank:

Biaya administrasi bulanan

Selama menabung di bank, saldo pada tabungan Anda akan ditarik untuk biaya administrasi bulanan. Besarannya tiap bank berbeda-beda. Misalnya, Bank Mandiri mengenakan biaya administrasi sebesar Rp 12.500 setiap bulan.


Hal itu berlaku untuk semua jenis tabungan (Silver, gold dan platinum). Sementara, untuk Bank CIMB Niaga dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 10.000 untuk tabungan payroll dan gratis untuk jenis tabungan lainnya.

Untuk pertama kali pembuatan ATM juga dikenakan biaya administrasi berdasarkan jenis kartu. Di Bank Mandiri, untuk tabungan Silver dan Gold dibutuhkan biaya Rp 4.500 dan Rp 8.500 untuk tabungan Platinum.

Administrasi penarikan di teller

Sejumlah bank mengenakan biaya administrasi penarikan di teller. Biasanya petugas bank akan menanyakan lebih dulu mau dibayar menggunakan saldo pada tabungan atau tunai. Di Bank Mandiri, biaya administrasi penarikan di teller tergantung kebijakan masing-masing kantor cabang. Ada kantor cabang yang menarik biaya, ada yang tidak.

Sementara, di CIMB Niaga, untuk jenis tabungan tertentu dikenakan biaya Rp 10 ribu. Namun, jenis tabungan Tabunganku tidak dikenakan biaya administrasi.

Menabung di Bank? Ini Deretan Biaya yang Harus DitanggungFoto: Ist


Denda di bawah saldo minimum per bulan
Selain itu, setiap bulannya bank juga akan mengenakan denda jika saldo tabungan berada di bawah saldo minimum yang ditentukan. Bank Mandiri mengenakan biaya Rp 5 ribu setiap bulan bila saldo tabungan di bawah Rp 100.000. Denda akan terus ditarik bila di bulan berikutnya masih di bawah saldo minimum.

Sementara, untuk Bank CIMB Niaga bila saldo berada di bawah saldo minimum, yakni Rp 100.000 maka di akhir bulan akan ditarik Rp 17.500 per hari.

Biaya tutup rekening
Untuk menutup rekening yang dimiliki, nasabah juga harus membayar biaya administrasi. Bank Mandiri mengenakan biaya Rp 50 ribu untuk tiap penutupan akun. Di CIMB Niaga, biaya yang dikeluarkan untuk menutup akun sebesar Rp 20 ribu untuk jenis tabungan Tabunganku.

Biaya pergantian buku tabungan karena rusak

Bank Mandiri mengenakan biaya pergantian buku tabungan yang rusak sebesar Rp 15.000. Dengan membawa kartu Mandiri Debit, KTP dan buku tabungan. Sementara, untuk CIMB Niaga dikenakan biaya Rp 25 ribu.

Biaya transfer beda bank

Biasanya, biaya transfer berbeda bank dimulai sebesar Rp 6.500. Perbedaan biaya bila Anda mentransfer via kliring yang lebih murah yakni Rp 5.000.

Penarikan melalui ATM

Penarikan tunai melalui ATM juga terkena biaya. Hanya saja, biayanya jauh lebih murah dibandingkan dengan penarikan melalui teller. Besaran biaya penarikan melalui ATM setiap bank juga berbeda, tergantung pada kebijakan masing-masing bank. Bank Mandiri tidak mengenakan biaya penarikan ATM bila penarikan uang dilakukan di ATM Mandiri. 


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading