Deretan Mobil Mewah di RI: Dipakai Raja Salman Sampai Jokowi

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
13 July 2019 20:18
Deretan Mobil Mewah di RI: Dipakai Raja Salman Sampai Jokowi
Jakarta, CNBC Indonesia - Mobil mewah selalu sukses mencuri perhatian siapapun, tak hanya untuk kalangan penggemar otomotif. Wajar saja, banyak hal luar biasa yang memang tak sembarangan bisa ditemui pada mobil biasa.

Kompetisi mobil mewah terbaik Robb Report misalnya, yang merilis deretan mobil mewah terbaik tahun ini. Kabar baiknya lagi, deretan mobil mewah tersebut ternyata turut mewarnai jalanan Indonesia.

Setidaknya ada 10 merk mobil yang disebut sebagai yang terbaik di kelasnya. Simak baik-baik, mobil apa saja yang termasuk di dalamnya.

1. Audi A8

Adalah PT Garuda Mataram Motor yang merupakan agen resmi untuk pembelian mobil mewah yang satu ini. Generasi keempat Audi A8 L ini punya teknologi hybrid yang cukup canggih. Bahkan bisa membuat mesin mobil mati otomatis saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi sampai 160 km per jam.

Audi A8 juga telah dilengkapi dengan teknologi mild hybrid electric vehicle (MHEV) sebagai fitur standar. Teknologi ini menjadikan A8 mampu untuk berjalan konstan di kecepatan antara 55 - 160 km/jam dengan mesin mati dan hanya dengan menginjak pedal gas, mesin dapat dinyalakan kembali dengan proses yang halus. Mobil bisa melaju tanpa mesin nyala maksimal selama 40 detik. Meski mesin mati, AC dan kelistrikan mobil lain tetap menyala optimal.

Berapa harganya? Untuk tipe paling standar, mobil ini dibanderol hampir Rp 3 miliar. Tertarik untuk membelinya?

2. Mercedes Benz Maybach

Mobil yang satu ini pernah menjadi perbincangan hangat tatkala Raja Salman berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu. Pasalnya, Raja Arab tersebut turut membawa serta mobil miliknya, yaitu Mercedes-Maybach S600 Guard.

Usut punya usut, mobil ini memang cocok digunakan oleh kepala negara. Presiden Jokowi juga menggunakan limousin keluaran Mercedes, yaitu Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard. Bedanya, milik Presiden Jokowi adalah versi lama atau keluaran 1988-1999. 

Kendaraan dengan berat kotor sekira 5,6 ton itu telah mengalami penyesuaian dalam hal melindungi penumpang. Mobil ini memang dikhususkan bagi kepala negara, maupun kerajaan di seluruh dunia. Berdesain megah, tentu tepat jika disandingkan dengan status penumpangnya.

Versi terbaru dari Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard adalah versi tertinggi yang dimiliki oleh pabrikan asal Jerman saat ini, di atas milik Raja Salman, Mercedes-Maybach S600 Guard.

Sebagai perbandingan, mobil Mercedes-Maybach S600 Guard tunggangan Raja Salman saat ini harganya berkisar Rp 10 Miliar, sementara Seri Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard harganya di atas 900 ribu euro atau setara Rp 12 miliar, tergantung modifikasi yang disematkan.

3. Rolls Royce Cullinan


Cullinan merupakan SUV yang relatif berukuran raksasa jika dibandingkan dengan beberapa mobil sejenis di kelas yang sama. Meskipun sudah membuka pemesanan untuk pembeli di Indonesia, Rolls Royce Motor Cars Jakarta selaku Agen Pemegang Merk resmi tidak mengungkapkan harga pasti dari mobil tersebut.

"Bisa di atas atau di bawah Rp 10 miliar," kata Arie Cristopher selaku Rolls Royce Motor Cars Jakarta.

Meski mahal, pembeli harus sabar untuk bisa mengendarai mobil satu ini karena memang inden. Mobil yang sudah dipesan diperkirakan akan sampai ke pembeli pada akhir tahun 2019 atau awal tahun 2020.

Rolls-Royce Cullinan memiliki dimensi sepanjang 5.341 mm, dengan lebar 2.165 mm dan tinggi 1.835 mm. Untuk menghasilkan tenaga yang besar dan bertenaga, Rolls-Royce menyematkan mesin berkapasitas 6,75 liter twin turbo dengan V12 seperti yang tersemat pada Phantom.

4. Porche Panamera

Porsche Panamera ini memiliki mode berkendara Normal, Sport, Sport Plus, dan Individual. Dengan mesin V6 Twin Turbocharged berkubikasi 2900 cc, mobil ini mampu melaju dengan tenaga 324 kW/ 440 hp.

Tahun lalu, hanya satu unit yang dijual oleh Porche Indonesia atau PT Eurokars Artha Utama. Sementara tahun ini, kabarnya ada sekitar lima unit yang siap dipasarkan. Harga mobil besutan Jerman ini dijual sekitar Rp 3,5 miliar.

5. BMW Seri 8

Menyebut deretan mobil mewah belum lengkap jika tak membahas BMW. BMW Group Indonesia menambahkan jajaran mobil sport mewah Seri 8 di Indonesia dengan mesin V8 bertenaga 530hp. Seri 8 sebagai seri legendaris dari BMW ditujukan untuk konsumen yang memiliki gaya hidup eksklusif.

BMW M850i sudah tersedia di semua diler resmi BMW Indonesia mulai 20 Mei 2019 dengan harga Rp 3,4 miliar off the road. Jika ingin mendapatkan performa lebih, opsi material carbon juga tersedia dengan harga Rp 3,7 miliar.

6. Aston Martin Vantage

Produsen mobil sport Inggris, Aston Martin resmi mengeluarkan seri New Vantage. Mobil pertama yang memiliki Electronic Rear Diffferential (E-Diff) ini adalah teknologi untuk membuat pengendara semakin percaya diri menjaga stabilitas kendaraan saat lurus atau pun menikung sehingga pengemudi dapat mengeksplor mobil dengan maksimal, khususnya untuk pengguna harian.

Aston Martin New Vantage dibekali mesin twin turbo V8 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 530 hp dengan torsi maksimal sebesar 685 Nm. Dipadu dengan tiga mode berkendara, yakni Sport, Sport Plus, dan Track.

Untuk harga, meski belum ada harga pasti, kabarnya mobil yang satu ini dibanderol sekitar Rp 5 miliar. Tertarik?

7. Mc Laren

Satu, mobil mewah yang juga mengaspal di jalanan Indonesia. Model yang hendak didatangkan McLaren ke Indonesia adalah McLaren 600 LT. Banyak kalangan mengatakan kalau McLaren 600LT ini cocok untuk dibawa ngetrack di sirkuit atau juga dikendarai di jalanan umum.

Bodywork yang kokoh nan ringan mobil ini didukung oleh alas berbahan serat karbon. Termasuk sasis monokok yang 25% lebih kuat dari bahan komposit aluminium. Mobil memiliki bodi 74 mm lebih panjang dibanding model Sport Series yang lain.

Untuk harga, di Inggris dijual seharga 185.500 poundsterling sekitar Rp 3,5 miliar dengan kurs saat ini Rp 19.103. Harga itu sudah termasuk pelatihan untuk pengemudi di sirkuit.

8. Bentley Continental

Bentley Indonesia meluncurkan sedan Continental GT. Saat awal peluncuran, kabarnya ada tiga miliarder Indonesia yang memesannya. Bentley Continental GT generasi ketiga ini dibanderol Rp 8,8 miliaran.

Mobil disokong mesin 6.0 L W12 twin-turbo yang dikawinkan dengan transmisi 8 percepatan dual-clutch. Mesin tersebut bisa menghasilkan 626 daya kuda dan torsi 900 Nm.

9. Ferrari 812 Superfast

Ferrari 812 Superfast akhirnya secara resmi mendarat di Indonesia pada maret 2017. Ferrari yang satu ini merupakan yang terkuat dan tercepat sepanjang sejarah untuk pecintanya di Jakarta. Salah satu yang paling menonjol adalah kemunculan mesin V12 6,5L terbaru di bagian depan yang dapat menghantarkan 800 cv dan mencapai daya maksimum sebesar 8.500 rpm.

Dalam uji coba, mobil ini bisa mencapai kecepatan maksimal 340 km/jam dari posisi 0 sampai 100 dengan waktu tempuh hanya 2,9 detik. Tak cukup sampai disitu, Ferrari untuk pertama kalinya memperkenalkan electric power steering pada 812 Superfast. Tujuannya tentu untuk memaksimalkan performa kendaraan.
Harga jual mobil tersebut pada awal peluncurannya ditaksir lebih dari Rp 12 miliar.

10. Lamborghini Urus

Lamborghini pertama kali mengeluarkan segmen mobil Sport Utility Vehicles(SUV) Urus pada bulan Desember 2017. Setahun kemudian mobil resmi masuk ke Indonesia bersamaan dengan pembukaan diler baru di kawasan Pacific Place Mall.

Saat peluncuran pertama kalinya, sudah ada satu orang yang memesan mobil ini akhir tahun lalu. Unit tersebut adalah satu-satunya yang dipasarkan dan langsung terjual. Harganya ditaksir sekitar Rp 8,5 miliar. Bahkan, pemesanan itu sudah dilakukan sejak launching pertama kali Lamborghini Urus pada Desember 2017. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading