Soal Menteri, Jokowi: Parpol-Profesional 60:40 Atau 50:50

News - Redaksi, CNBC Indonesia
12 July 2019 16:30
Jokowi mengaku sudah memiliki gambaran terkait komposisi kabinet nanti.
Jakarta, CNBC IndonesiaKomisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024. Usai penetapan, pemberitaan diramaikan dengan formasi kabinet mendatang.

Ditemui selepas membuka pembukaan Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (12/7/2019) pagi, Jokowi mengaku sudah memiliki gambaran terkait komposisi kabinet nanti. Latar belakang mereka tentu dari partai politik dan profesional.

"Ya kira-kira 60:40 atau 50:50, kira-kira itu," ujar Jokowi.


Perihal nama dan kriteria, capres dari Koalisi Indonesia Kerja itu mengaku sudah memiliki. Pun cetak biru kabinet mendatang. Lalu, kapan akan diumumkan para pengisi kabinet itu? 

"Secepatnya," jawab Jokowi.



Masih dalam kesempatan yang sama, Jokowi memastikan menteri-menteri sekarang menjabat akan banyak yang dipertahankan. Terkait menteri yang terseret kasus hukum, dia mengatakan semua dipertimbangkan.

Perihal menteri dari kalangan anak muda atau milenial juga sempat disinggung. Menurut dia, saat ini banyak profesional muda yang kompeten. Sedangkan untuk pertanyaan partai politik yang meminta jatah 9-10 menteri, Jokowi tak memusingkannya.

"Mau minta 10, mau minta 11, mau minta 9, kan enggak apa-apa. Wong minta saja," katanya tersenyum.

[Gambas:Video CNBC]
(miq/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading