Derai Air Mata Saat Lee Chong Wei Umumkan Pensiun

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
14 June 2019 - 09:49
Derai Air Mata Saat Lee Chong Wei Umumkan Pensiun Foto: Mantan pemain bulu tangkis nomor satu dunia, Lee Chong Wei, pensiun dari kancah badminton. (REUTERS/Lai Seng Sin)
Jakarta, CNBC Indonesia - Mantan pemain bulu tangkis nomor satu dunia, Lee Chong Wei, mengumumkan akan pensiun dari kancah badminton profesional setelah 19 tahun berkarir.

Pengumuman itu ia sampaikan dalam konferensi pers di Menara KBS, Putrajaya, Malaysia, Kamis (13/6/2019).

"Hari ini semua orang tahu mengenai maksud saya mengadakan konferensi pers ini. Saya ingin mengumumkan saya akan pensiun dari dunia olahraga setelah 19 tahun berkarir," kata atlet berusia 36 tahun itu, dilansir dari The Star.
Derai Air Mata Saat Lee Chong Wei Umumkan PensiunFoto: Mantan pemain bulu tangkis nomor satu dunia, Lee Chong Wei, pensiun dari kancah badminton. (AP/Vincent Thian)

Ia mengaku keputusan itu adalah keputusan berat baginya namun ia tidak memiliki pilihan lain mengingat kondisi fisiknya.


"Ini adalah keputusan berat namun saya tidak memiliki pilihan lain setelah konsultasi terakhir saya dengan para dokter di Jepang bulan lalu," lanjutnya dengan terbata-bata.
Derai Air Mata Saat Lee Chong Wei Umumkan PensiunFoto: Pemain bulu tangkis Lee Chong Wei. (Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha/File Photo)

Ia pernah meraih tiga medali perak yaitu di Olimpiade Beijing 2008, London 2012, dan Rio de Janeiro 2016.

Chong Wei didiagnosa menderita kanker hidung pada Juli tahun lalu dan menjalani perawatan di Taiwan sebelum kembali berlatih di Januari.

"Saya diberikan delapan pertanyaan mengenai kondisi saya dan hasilnya menunjukkan saya tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas berintensitas tinggi," katanya.
Derai Air Mata Saat Lee Chong Wei Umumkan PensiunFoto: Mantan pemain bulu tangkis nomor satu dunia, Lee Chong Wei, pensiun dari kancah badminton. (REUTERS/Lai Seng Sin)

Dalam kesempatan itu ia berterima kasih pada istrinya Wong Mew Choo, yang juga seorang mantan pemain badminton dan sempat memenangkan dua medali emas SEA Games. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading