Demo 22 Mei, Moeldoko: Dalang Kerusuhan Segera Terungkap

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
28 May 2019 21:32
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan biang kerok kerusuhan 22 Mei 2019 tak lama lagi akan segera terungkap.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan biang kerok kerusuhan 22 Mei 2019 tak lama lagi akan segera terungkap.

Berbicara di kompleks kepresidenan, Moeldoko mengatakan, saat ini aparat kepolisian masih mendalami aktor utama di balik aksi demo yang berakhir ricuh tersebut.

"Kita memang sudah bisa merumuskan siapa aktor yang mencari senjata. Tetapi di balik senjata ini siapa aktornya, setelah senjata itu kita dalamin," kata Moeldoko, Selasa (28/5/2019).



"Jadi tunggu beberapa saat lagi akan terungkap semua," tegas purnawirawan TNI itu.

Moeldoko mengaku cukup prihatin atas jatuhnya korban akibat kerusuhan tersebut. Apalagi, ada beberapa peserta aksi demo yang terdeteksi masih anak-anak.

"Sangat prihatinlah kita. Apalagi ada anak-anak yang digunakan untuk kegiatan demo, kerusuhan seperti itu, sangat prihatin. Pasti," tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyatakan dalang yang memerintahkan untuk membunuh 4 tokoh nasional sudah diketahui identitasnya. Namun Wiranto meminta untuk menunggu hasil pemeriksaan kepolisian.

"Sudah, sudah, dalangnya sudah diketahui. Ya nggak bisa (diungkapkan dari mana aktornya), nanti tunggu kepolisian saja. Tunggu, tunggu. Tunggu saja, nanti kan ada pemeriksaan," ujar Wiranto di kantor PPATK, Jalan Ir H Juanda, Gambir, Jakarta Pusat.


Sebagai informasi, saat ini aparat kepolisian mengaku telah mengantongi identitas tunggal yang diduga menjadi aktor intelektual atas aksi demo 22 Mei 2019.

Aktor tersebut diduga membiayai operasi kelompok penunggang aksi unjuk rasa. Namun, Polri membuka kemungkinan bahwa aktor tersebut bisa jadi lebih dari satu orang.
(dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading