Pemilu 2019

Ucapkan Selamat untuk Jokowi, Trump: RI Contoh Demokrasi

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
22 May 2019 - 12:32
Ucapkan Selamat untuk Jokowi, Trump: RI Contoh Demokrasi
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyampaikan ucapan selamat kepada calon presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan rakyat Indonesia atas suksesnya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019.

Dalam suratnya, Trump menyebut bahwa Indonesia telah melalui proses transformasi demokrasi yang luar biasa dan patut dijadikan contoh bagi bangsa-bangsa lainnya. Selain itu, Presiden AS ke-45 tersebut menegaskan kembali komitmennya untuk terus memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

"Saya ucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia atas pelaksanaan Pemilu yang berlangsung bebas, adil, dan damai, serta untuk pertama kalinya, pelaksanaan pemilihan legislatif dan presiden dilaksanakan secara bersamaan," kata Trump dalam suratnya, mengutip rilis resmi yang dikeluarkan KBRI Washington, D.C., Rabu (22/5/2019).

Pada Selasa dini hari sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin sebagai pemenang pemilu dengan mengumpulkan 54,48% suara. Sementara itu saingannya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraup 44,52% suara.

Ucapkan Selamat untuk Jokowi, Trump: RI Contoh DemokrasiFoto: Presiden AS Donald Trump (REUTERS/Joshua Roberts)

Selain mengucapkan selamat, Trump juga memuji perkembangan demokrasi di Indonesia, yang menurutnya dalam kurun waktu 20 tahun terakhir ini telah sangat luar biasa.

"Saya mengetahui bahwa tingkat partisipasi pemilih tahun ini yang mencapai 80% merupakan yang paling tinggi. Indonesia patut menjadi contoh bagi bangsa-bangsa lainnya di dunia" ujar Trump.

Mantan taipan properti itu juga menyampaikan rasa bangganya atas Kemitraan Strategis yang telah terjalin antara kedua negara, yang merupakan negara demokrasi terdepan di dunia.

"Indonesia dan AS memiliki kesamaan pandangan terhadap isu kawasan dan pentingnya penegakan hukum serta pelindungan kebebasan hak-hak fundamental" tegas Trump.

"Saya berkomitmen meningkatkan hubungan kerja sama kita untuk meraih potensi yang sangat besar dalam hubungan dua negara demokrasi," lanjutnya.

Selain Trump, beberapa pemimpin dunia lainnya juga telah menyampaikan ucapan selamat kepada presiden terpilih Indonesia 2019-2024 tersebut.



Beberapa pemimpin dunia yang sudah menyampaikan selamatnya di antaranya adalah para pemimpin dari tetangga terdekat Indonesia, termasuk Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

Selain pemimpin dari negara tetangga, Presiden China Xi Jinping juga telah menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi.

Dalam pesan ucapan selamat, Xi menyebut bahwa China dan Indonesia adalah mitra alami karena kedua negara sama-sama berkembang pesat dan berbagi kepentingan bersama yang luas di tingkat bilateral, regional dan multilateral.

"Selama beberapa tahun terakhir, kedua negara telah mengambil kesempatan untuk bersama-sama mengembangkan proyek Belt and Road untuk lebih mensinergikan strategi pembangunan mereka dan telah mencapai hasil yang bermanfaat dalam kerja sama praktis di berbagai bidang, mengantar hubungan mereka ke fase baru pembangunan cepat," kata Xi, Selasa, mengutip Xinhua.


Saksikan pidato kemenangan Jokowi berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading