Pemilu 2019

Prabowo Tolak Hasil Pilpres, Apa Kata JK?

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
21 May 2019 14:25
Prabowo Tolak Hasil Pilpres, Apa Kata JK?
Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Jusuf Kalla angkat bicara perihal pernyataan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Seperti diketahui, pasangan yang diusung Koalisi Indonesia Adil dan Makmur itu menolak hasil rekapitulasi nasional Pemilihan Umum Presiden 2019 yang diumumkan, Selasa (21/5/2019) dini hari WIB. Penolakan disampaikan di kediaman pribadi Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019) siang.

Menurut JK, sapaan akrab Jusuf Kalla, apa yang disampaikan Prabowo sebagai sesuatu yang wajar. Dalam sebuah kompetisi, ada yang puas maupun yang tidak puas.


"Kalau yang tidak puas ada jalannya. Yang secara yuridis. Kan kita negara hukum tentu. Dan politik yang baik jadi ajukan-lah ke MK (Mahkamah Konstitusi), ke Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) sehingga sama dengan pendapat semua pihak. Karena bedanya agak jauh 11%. Apapun itu harus bersyukurlah," kata JK.

Prabowo Tolak Hasil Pilpres, Apa Kata JK?Foto: JK Rayakan Ulang Tahun di Lobby Hotel


Perihal saksi dari BPN Prabowo-Sandi yang menolak menandatangani berita acara hasil rekapitulasi, JK menyebut hal itu tak akan mengubah keputusan. Sebab, walaupun tidak ditandatangani paslon 02, hasilnya tetap sah.

Kepada Jokowi-Amin, JK yang juga Wapres RI mengucapkan selamat kepada pasangan yang diusung Koalisi Indonesia Kerja tersebut. Sebab, kemenangannya secara formal sudah ditetapkan oleh KPU.

Simak video terkait perincian suara capres dan cawapres dalam Pilpres 2019 di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading