Real Count: Prabowo Bikin Jokowi Babak Belur di 7 Provinsi!

News - Redaksi CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
12 May 2019 15:18
Pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandi, unggul telak di 7 provinsi. Tak beri kesempatan bagi pasangan Jokowi-Ma'ruf.
Jakarta, CNBC Indonesia- Hasil sementara situs penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) memang masih mencatat keunggulan untuk pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amien.

Namun, bukan berarti perjuangan Prabowo dan Sandiaga bisa dianggap sebelah mata.


Data terakhir situng KPU pukul 14.45 WIB, tercatat suara masuk sudah mencapai 78% dari 813.350 tempat pemilihan suara.


Pasangan Jokowi-Ma'ruf masih unggul dengan 56,29% suara, sementara Prabowo- Sandiaga Uno 43,71% suara.

Rincian masing-masing perolehan suara adalah Jokowi mengantongi 67,2 juta suara. Sementara Prabowo Subianto 52,21 juta suara. Selisih keduanya mencapai 15,02 juta suara.

Real Count: Prabowo Bikin Jokowi Babak Belur di 7 Provinsi!Foto: Real Count KPU pukul 14.45 (12/5/19)


Perlu dicatat, pasangan Prabowo dan Sandiaga meski sementara tertinggal oleh Jokowi, di beberapa provinsi justru unggul telak saat melawan petahana. Tepatnya adalah 7 provinsi, di mana Prabowo tidak memberi kesempatan Jokowi untuk melawan.

Tujuh provinsi tersebut adalah; Aceh, Sumatra Barat, Jawa Barat, Banten, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Untuk Aceh misalnya, dari 77% suara yang masuk, Prabowo-Sandi berhasil membukukan 1,8 juta suara. Unggul jauh dibanding pasangan Jokowi-Ma'ruf yang hanya mampu membukukan 319 ribu suara.

Begitu juga di Sumatra Barat di mana suara masuk sudah mencapai 91%. Prabowo-Sandi sukses mengumpulkan 2,29 juta suara. Tidak memberi ampun bagi pasangan Jokowi yang hanya mendapat 367 ribu suara.

Berikutnya adalah Jawa Barat, tercatat sudah lebih dari 61% suara yang terdata. Di sini, Prabowo unggul 3 juta suara dari Jokowi. Rinciannya adalah; Prabowo 10,2 juta suara dan Jokowi 7,2 juta suara.

Perhitungan ini akan terus berjalan hingga diumumkan secara resmi oleh KPU pada 22 Mei 2019.

Situng hanya mempercepat proses informasi. Melalui Twitter resmi, KPU menegaskan bahwa Situng membantu menjadi alat kontrol, namun bukan hasil resmi yang ditetapkan KPU.

Informasi tambahan:
• Data entri yang ditampilkan pada Menu Hitung Suara adalah data yg disalin apa adanya/sesuai dengan angka yang tertulis pada Salinan Formulir C1 yang diterima KPU Kabupaten/Kota dari KPPS.
• Apabila terdapat kekeliruan pengisian data pada Formulir C1, dapat dilakukan perbaikan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat kecamatan.
• Apabila terdapat perbedaan data antara entri di Situng dan Salinan Formulir C1, akan dilakukan koreksi sesuai data yang tertulis di Salinan Formulir C1.
• Data yang ditampilkan di Situng bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka.
• Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka.

Untuk hasil resmi pemilu 2019 diumumkan paling lama 35 hari (UU No.7 Tahun 2017). Perkembangan terkini real count KPU dapat diakses melalui https://pemilu2019.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara/

[Gambas:Video CNBC]

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading