Jokowi Sebut 3 Kandidat Ibu Kota Baru RI, Daerah Mana Saja?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
30 April 2019 14:40
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan melanjutkan rencana pemindahan Ibu Kota.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan melanjutkan rencana pemindahan Ibu Kota. Bahkan, kepala negara telah mantap memilih Ibu Kota berada di luar pulau Jawa.

Berbicara usai meninjau dan makan siang bersama karyawan PT KMK Global Sport, Jokowi mengemukakan bahwa ada tiga kandidat yang akan menjadi Ibu Kota baru.

"Ada tiga kandidat, tapi memang belum diputuskan. Kita harus cek dong secara detail," kata Jokowi di Tangerang, Banten.




Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas memang telah menyelesaikan kajian rencana pemindahan Ibu Kota. Setidaknya, ada tiga wilayah yang berpotensi menjadi Ibu Kota baru.

Antara lain, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur. Namun, Jokowi masih menutup rapat-rapat daerah mana yang akan menjadi Ibu Kota baru.

Meski demikian, Jokowi menegaskan bahwa Ibu Kota baru yang akan menggantikan Jakarta akan berada persis di tengah peta Indonesia, sesuai dengan syarat dalam kajian Bappenas.

"Bisa di Sumatera, tapi kok nanti yang Timur jauh. Di Sulawesi agak tengah, tapi di Barat juga kurang. Di Kalimantan kok di tengah-tengah. Kira-kira itulah," katanya.

"Kita bekerja bagaimana mengenai lingkungan, daya dukung, air seperti apa, mengenai kebencanaan, banjir, gempa bumi seperti apa. Kemudian pengembangan Ibu Kota ke depan, apakah masih memungkinkan," lanjut Jokowi.

Jokowi Sebut 3 Kandidat Ibu Kota Baru RI, Daerah Mana Saja?Foto: Instagram: Joko Widodo


Jokowi menegaskan, Ibu Kota memang harus pindah dari Jakarta. Pasalnya, beban Jakarta sudah begitu berat, terutama dari jumlah penduduknya.

"Kita ini memiliki 17.000 pulau, tapi di Jawa sendiri penduduknya 57% dari total penduduk di Indonesia. Kurang lebih 149 juta. Sehingga daya dukung, baik terhadap air, lingkungan, lalu lintas," katanya.

"Semuanya memang ke depan sudah tidak memungkinkan lagi. Sehingga kemarin saya putuskan di luar Jawa. Pindah," tegas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Simak video terkait pemindahan ibu kota di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading