Usai Pilpres Menteri Basuki Kumpulkan Ribuan CPNS, Ada Apa?

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
22 April 2019 09:28
Para CPNS ini merupakan formasi yang telah melalui tahapan penerimaan tahun 2018. Selain itu, hadir pula PNS yang baru saja diangkat dari formasi tahun 2017. Foto: Pelepasan CPNS 2017 dan Penyerahan CPNS 2018 oleh Menteri PUPR. (CNBC Indonesia/Muhammad Choirul Anwar)
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumpulkan ribuan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Pewayangan Kautaman, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Para CPNS ini merupakan formasi yang telah melalui tahapan penerimaan tahun 2018. Selain itu, hadir pula PNS yang baru saja diangkat dari formasi tahun 2017.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, memberikan sejumlah arahan. Dikatakan bahwa menjadi PNS di Kementerian PUPR harus mengedepankan profesionalitas dan team work.

"Tidak ada pekerjaan di PU tanpa team work, semua harus bekerja sama. Profesional itu tahu apa yang jadi tugasnya dan bertanggung jawab soal apa yang akan dikerjakan," ungkapnya dalam paparan.


Selain itu, Basuki juga menyerukan bahwa pegawai Kementerian PUPR harus kuat dan berani, serta berjiwa seni. Sejalan dengan itu, kompetensi yang dimiliki harus terus ditingkatkan.

"Kuat kalau dia kompeten. Dia nggak bakal kuat kalau dia nggak kompeten," paparnya.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Anita Firmanti Eko, menyebut, terdapat 979 CPNS yang sudah jadi PNS formasi 2017. Mereka langsung dilepas ke masing-masing lingkup kerjanya.

Selanjutnya, terdapat 993 CPNS formasi 2018 akan mengikuti pembinaan awal. Jumlah itu masih ditambah dengan 34 CPNS rekrutan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang sudah diberikan kepada Kementerian PUPR.

"1.027 CPNS terdiri dari 993 CPNS yang direkrut Kementerian PUPR, 34 kemenkeu. Yang direkrut 2018 kami sudah siapkan empat tahap. Pertama pengenalan Kementerian PUPR, pembinaan perilaku dasar, pembinaan profesi, dan aktualisasi kompetensi," tandasnya

Artikel Selanjutnya

Dibayangi Ancaman Covid-19, Tes CPNS Berlangsung Tatap Muka


(hps/hps)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading