Pemilu 2019

Di Washington DC, Jokowi Taklukkan Prabowo

News - Rehia Indrayanti Beru Sebayang, CNBC Indonesia
20 April 2019 15:15
Di Washington DC, Jokowi Taklukkan Prabowo

Washington DC, CNBC Indonesia - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington DC, Amerika Serikat (AS), merilis hasil penghitungan suara pemilihan umum presiden 2019. Dari hasil penghitungan, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin unggul atas pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

"Secara total ada 1.114 suara yang diperoleh paslon 01 dan 352 suara yang diperoleh paslon 02 dan ada 70 suara tidak sah," ujar keterangan pers KBRI di Washington DC yang diterima CNBC Indonesia, Sabtu (20/4/2019). Hasil suara itu diperoleh dari dua sumber, yaitu TPSLN dan TPS Pos.

Sementara itu, tiga partai dengan perolehan suara terbanyak adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan 395 suara, Partai PDI Perjuangan (PDIP) dengan 366 suara, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 183 suara.

Di Washington DC, Jokowi Taklukkan PrabowoFoto: Suasana Penghitungan Suara Pemilu RI di AS (Ist)


Penghitungan suara itu dilaksanakan di Gedung KBRI di Washington, D.C. pada tanggal 17 April 2019. Proses penghitungan suara dibuka pada pukul 13:40 waktu setempat dan diikuti oleh masyarakat Indonesia di Washington DC dan sekitarnya. Prosesnya sendiri dilakukan secara langsung maupun melalui live streaming yang difasilitasi oleh KBRI.

Selain masyarakat Indonesia, proses penghitungan suara juga dihadiri langsung oleh para saksi, baik dari partai politik maupun dari pasangan calon presiden dan wakil presiden, serta Duta Besar RI untuk AS, Mahendra Siregar. Dalam sambutannya, Mahendra menyampaikan rasa bangga karena rangkaian proses pemilu luar negeri di Washington DC dapat berjalan dengan baik.

"Selain merupakan bukti semakin matangnya proses demokrasi Indonesia, kesuksesan pemilu kali ini juga membuktikan kuatnya kombinasi antara demokrasi dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, yaitu persatuan dalam kebinekaan, persaudaraan, dan gotong royong," ujarnya.

"Kita patut bangga karena menjadi bagian dari proses transformasi yang luar biasa ini karena kini Indonesia menjadi negara demokrasi presidensial terbesar di dunia. Bahkan kita sekarang menjadi tolok ukur keberhasilan proses demokrasi, tidak saja diantara sesama negara berkembang namun juga dengan negara-negara maju," kata Mahendra.




Tidak lupa, ia juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PPLN, KPPSLN, Panwaslu LN, para saksi, serta seluruh masyarakat Indonesia di Washington DC dan sekitarnya atas kerja keras dan partisipasi aktif mereka dalam mensukseskan gelaran pesta demokrasi tersebut.

Sejalan dengan Mahendra, Ketua PPLN Washington DC, Andang Purnama, pun menyampaikan apresiasi khususnya, kepada KBRI Washington DC atas komitmen, kontribusi dan fasilitasi yang telah diberikan.

"Kesuksesan dan kelancaran pemilu ini adalah bukti sinergi yang sangat baik antara KBRI Washington DC dengan PPLN beserta seluruh elemen penyelenggara pemilu serta masyarakat Indonesia pada umumnya," ujar Andang.

Simak video terkait penghitungan suara pemilu Indonesia di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading