Pemilu 2019

Pernyataan Lengkap Jokowi: Quick Count, Sampai Prabowo-Sandi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
18 April 2019 18:14
Pernyataan Lengkap Jokowi: Quick Count, Sampai Prabowo-Sandi
Jakarta, CNBC Indonesia - Pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin sore ini, Kamis (18/4/2019), menggelar pertemuan dengan Koalisi Partai Politik Indonesia Kerja di Plataran, Menteng, Jakarta Pusat.

Pertemuan yang bersifat tertutup itu berlangsung selama kurang lebih 1 jam. Tidak ada satupun awak media yang diperkenankan masuk oleh petugas maupun Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Amin.



Usai pertemuan, Jokowi yang ditemani oleh Ma'ruf Amin dan seluruh partai koalisi pun memberikan keterangan pers di depan puluhan wartawan yang sudah menunggu di depan restoran.


Dalam pernyataan resminya, sang petahana mengemukakan beberapa hal, mulai dari ucapan selamat yang datang dari negara tetangga kepadanya sampai dengan hasil hitung cepat atau quick count yang dilakukan sejumlah lembaga survei.

Tak hanya itu, Jokowi bahkan membicarakan hubungannya dengan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. Berikut pernyataan lengkap Jokowi, Kamis (18/4/2019).

Pernyataan Lengkap Jokowi: Quick Count, Sampai Prabowo-SandiFoto: Joko Widodo bersama tim TKN di Resto Pelataran Menteng Jakarta Pusat, Kamis (18/4). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto

Kita ingin menyampaikan beberapa hal pada sore hari ini. Pertama, baru saja tadi siang, kita telah terima terima dari Perdana Menteri Malaysia Mahatir Muhammad dan juga PM Singapura dan juga dari presiden Turki, dan juga 22 negara lainnya yang telah memberikan ucapan selamat atas berlangsungnya pesta demokrasi besar di negara kita, pileg maupun pilpres. Beliau ucapkan selamat untuk masyarakat Indonesia dan juga kepada Jokowi, Kiai' Haji Ma'ruf Amin atas keberhasilan pemilu 17 April kemarin

Kedua, kita juga akan menunggu, menanti hasil penghitungan suara oleh KPU. Penghitungan resmi dari KPU yang kita harapkan juga secepatnya bisa diselesaikan. Tetapi kita juga tahu, hasil quick count dari 12 lembaga survei yang ada telah memberikan angka yang jelas. Kalau kemarin saya belum sampaikan angka karena masih di bawah 70%.

Tapi hari ini karena sudah hampir sampai 100%, kami menyampaikan bahwa hasil quick count dari 12 lembaga survei menyatakan Jokowi-Kiai Haji Amin mendapatkan persentase 54,5% dan Prabowo - Sandi mendapatkan 45,5%. Kita tahu bahwa yang namanya penghitungan quick count adalah cara penghitungan ilmiah dan dari pengalaman pengalaman pemilu yang lalu. Akurasinya 99%, hampir sama dengan perhitungan real count. Namun demikian kita harus tetap sabar, sabar menunggu hasil penghitung resmi dari KPU.

Terakhir, saya ingin ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran ketua komisioner KPU, Bawaslu, dan DKPP. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada TNI Polri yang telah jaga keamanan ketertiban sehingga pemilu 17 April berjalan lancar dan damai. Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah aktif menggunakan hak pilih nya, berpartisipasi dalam pemilu dan menjaga keamanan.



Kami tidak lupa ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Parpol Koalisi Indonesia Kerja, kepada seluruh relawan, jajaran tim kampanye nasional dan daerah, serta semua pihak yang membantu kami. Mari kita terus menjaga dan merawat persatuan kita, kerukunan kita, persaudaraan kita sebagai saudara sebangsa dan setanah air.


Apakah akan ada pertemuan dengan pak Prabowo - Sandi?

Sudah sering saya sampaikan bahwa persahabatan dan tali silaturahmi kami semuanya, saya dan juga Pak Kiai Haji Ma'ruf Amin tidak akan putus dengan Pak Prabowo maupun Pak Sandi. Sehingga tadi siang saya sudah mengutus seseorang untuk bertemu dengan Beliau agar kita bisa berkomunikasi dan kalau bisa bertemu. Sehingga, rakyat melihat bahwa Pemilu kemarin sudah selesai dengan lancar aman damai dan tidak ada sesuatu apapun. Nanti setelah bertemu baru kita sampaikan. Bertemu saja belum.

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading