Demi Ikut Pemilu, Suster Maria Tempuh 300 KM Menuju TPS

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
15 April 2019 11:04
Demi Ikut Pemilu, Suster Maria Tempuh 300 KM Menuju TPS
Addis Ababa, CNBC Indonesia- Kemeriahan pemilihan umum 2019 yang dilakukan di berbagai negara di belahan dunia mulai ramai diperbincangkan, sebab beberapa negara sudah lebih dulu melakukan pemilihan presiden sejak beberapa hari lalu.
 
Ada berbagai keunikan tersendiri yang terjadi dalam pemilu di tiap negara, termasuk seperti yang terjadi di Ethiophia. Seorang suster bernama Maria Anjelin rela menempuh perjalanan sejauh 300 km dan mengendarai mobil selama lima jam untuk dapat melakukan pemungutan suara di Kedutaan Besar RI di Addis Ababa, Ethiopia.

Demi Ikut Pemilu, Suster Maria Tempuh 300 KM Menuju TPS Foto: Kotak suara untuk pemilihan umum Indonesia yang akan datang terlihat sebelum didistribusikan di Jakarta, Indonesia, 12 April 2019. (REUTERS / Willy Kurniawan)



 
"Saya sengaja datang dari desa yang terletak sangat jauh dari kota Addis Ababa karena ingin menggunakan hak saya sebagai warga negara Indonesia yang baik. Jalan ke desa saya tidak bagus, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama bagi saya untuk menempuh jarak 300 km." kata wanita yang sudah mengabdi di gereja Katolik di desa Chole, wilayah Oromia selama 11 tahun itu.
 
Hal itu ia sampaikan ketika berbincang-bincang dengan Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika di KBRI Addis Ababa, Minggu (14/4), hari pemungutan suara di TPS Addis Ababa diadakan.
 
"Saya senang sekali hari ini, karena meskipun saya jauh dari tanah air, namun saya bisa mengikuti Pemilu dengan baik. Saya juga bahagia karena bisa bertemu dengan banyak masyarakat Indonesia lainnya di Ethiopia," tambahnya.
 
Selain Suster Anjelin, ada juga Suster Felisitas yang datang dari desa yang cukup jauh dari tempat pemungutan suara Pemilu 2019 di KBRI Addis Ababa. Ia harus menempuh 120 km dan mengendarai mobil selama dua jam untuk dapat memilih.


"Saya mendoakan agar Indonesia negara yang demokrasi, yang bangsanya terdiri dari berbagai macam suku, dialek dan agama dapat memelihara persatuan dengan baik sehingga Indonesia tetap aman, damai, dan maju," kata suster yang mengabdi di sebuah gereja di desa Alem Tena, Ethiophia itu.

Gigihnya semangat kedua suster tersebut tentunya bisa menjadi inspirasi tersendiri bagi kita yang ada di tanah air untuk menggunakan hak suara kita pada 17 April mendatang.
 
Akan ada dua pasangan calon yang bersaing dalam pemilu 2019 kali ini. Jadi, sudah kah Anda menentukan pilihan dan memeriksa lokasi pemilihan Anda untuk pemilu Rabu depan?

[Gambas:Video CNBC]
  (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading