Pemilu 2019

Surat Suara Tercoblos 01, TKN: Bukan Arahan Dari Jokowi

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
12 April 2019 17:19
Surat Suara Tercoblos 01, TKN: Bukan Arahan Dari Jokowi
Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir, angkat bicara perihal kabar surat suara telah tercoblos 01 di Selangor, Malaysia. Erick memastikan insiden itu tak terkait dengan Jokowi maupun TKN.

"Tidak ada arahan dari bapak maupun TKN," ujarnya saat bertemu pemimpin redaksi media massa di salah satu restoran di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta, Jumat (12/4/2019).




Erick meminta kepada publik bersabar menunggu hasil pengecekan yang dilakukan para pemangku kepentingan. Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah menyambangi Malaysia.

"Silakan dibuktikan saja," kata Erick.

Erick Thohir Komentari Surat Suara Tercoblos 01 di MalaysiaFoto: Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir, berfoto selepas acara temu media di Jakarta, Jumat (12/4/2019). (CNBC Indonesia/Muhammad Iqbal)


Sebelumnya, laporan surat suara mayoritas tercoblos 01 di Selangor, Malaysia, mewarnai pemberitaan Kamis (11/4/2019). Laporan itu disampaikan Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahara ketika dikonfirmasi detikcom.

"Saya langsung mendatangi langsung lokasi yang katanya ada surat suara tercoblos itu," kata Yaza seperti dikutip CNBC Indonesia dari pemberitaan detikcom.

"Jadi berdasarkan sampel yang kita ambil, terdapat beberapa surat suara yang sudah dicoblos. Semuanya mayoritas mencoblos 01. Dan ada juga di pileg untuk dari NasDem. Ini sudah kami sampaikan ke Bawaslu," lanjutnya.

Temuan itu mengejutkan lantaran pemungutan suara baru di Malaysia baru akan dilaksanakan, Minggu (14/4/2019) pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB. Hal itu ada dalam Surat Edaran Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Malaysia di Kuala Lumpur Nomor: 00036/WN/04/2019/07.

Simak video terkait pemilu dan investor di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading