4.315 Rumah di Palembang Tersambung Jaringan Gas

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
31 March 2019 18:27
4.315 Rumah di Palembang Tersambung Jaringan Gas
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan beroperasinya pipa transmisi gas open access Grissik-PUSRI (GrisPus) sekaligus meresmikan jaringan gas kota (Jargas) kota Palembang di saat yang bersamaan, Minggu (31/03/2019), bertempat di Lapangan Patrajaya Palembang.

Dengan beroperasinya infrastruktur ini, warga Kota Palembang yang mendapatkan manfaat jaringan gas kota terus bertambah. Sebanyak 4.315 Sambungan Rumah (SR) kini tersambung jaringan gas di Kota Palembang yang dibangun dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.



Ini merupakan kali kedua Palembang mendapatkan program jaringan gas kota setelah tahun 2009 dengan total keseluruhan 7.626 SR. Selanjutnya pada tahun 2018 Pemerintah menugaskan kepada PT Pertamina (Persero) untuk melaksanakan pembangunan, pengoperasian serta pengembangan jargas Palembang melalui afiliasinya PT Pertamina Gas dan PT Pertagas Niaga.


"Setiap tahunnya Pemerintah mengeluarkan APBN untuk jargas di berbagai daerah, sehingga makin banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya. Volumenya akan kita tambah kedepan. Sesuai amanat bapak Presiden, sumber daya alam harus bisa dinikmati oleh warga setempat," kata Jonan.

"Kalau tahun depan kami dapat anggaran untuk jargas untuk 1 juta sambungan rumah, Sumsel akan dapat tambahan lagi. Karena Sumsel sumber gasnya besar, kita coba alokasikan 100.000 sambungan rumah. Jadi kalau 10.000 sambungan rumah untuk Palembang saja, saya kira mesti dapat," Jonan menambahkan.

Menurut Jonan, penggunaan jargas membuat masyarakat bisa berhemat dibandingkan menggunakan LPG sehingga daya beli masyarakat akan meningkat.



Selain itu, pelanggan juga dapat memanfaatkan gas alam sebagai energi yang bersih, praktis, ekonomis dengan suplai 24 jam dan juga aman. Jaringan gas Palembang dibangun di Kelurahan Tuan Kentang, Lima Ulu, Enam Belas Ulu dan Plaju Ulu. Jaringan gas Palembang mendapatkan suplai gas dari KKKS Medco Energy.

Sejak dibangun pertama kali pada tahun 2009, kini total SR jargas yang dibangun dengan dana APBN mencapai 325.773 SR yang terdistribusi di 16 provinsi, 40 kabupaten/kota. Pada tahun 2019 rencananya akan dibangun sebanyak 78.216 SR jargas di 18 lokasi.


Saksikan video mengenai jargas berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading