Setelah Tol Kalimantan, Jokowi Janjikan 3 Jalan di Sulbar

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
28 March 2019 17:35
Setelah Tol Kalimantan, Jokowi Janjikan 3 Jalan di Sulbar
Mamuju, CNBC Indonesia - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan melanjutkan tiga pembangunan infrastruktur jalan yang saat ini sedang dikerjakan di kota Mamuju, Sulawesi Barat, pada 2020. Hal tersebut dikemukakan Jokowi dalam kampanye akbar yang digelar, Kamis (28/3/2019).

Ruas jalan yang dimaksud antara lain jalan Mamuju-Masasa, Tabang-Toraja, dan Polewali-Mamasa. Ketiga infrastruktur jalan itu akan mulai dikerjakan oleh pemerintah.

"Saya sampaikan sore ini, segera akan kita selesaikan. Jalan Polewali sampai Mamasa kurang 30 kilometer lagi. Ini juga akan kita selesaikan," kata Jokowi dikutip melalui keterangan resmi yang diterima CNBC Indonesia, Kamis (28/3/2019).


Setelah Tol Kalimantan, Jokowi Janjikan 3 Jalan di SulbarFoto: Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan istrinya Iriana Joko Widodo di Kota Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (28/3/2019). (ist)


Tak hanya itu, Jokowi berjanji akan mempercepat pembangunan jalan dari kota Mamuju menuju bandara untuk memangkas waktu tempuh yang selama ini cukup lama.

"InsyaAllah akan kita selesaikan tahun 2020. Rampung. Kita akan kerja cepat," tegas Jokowi.

Ini adalah kesekian kalinya Jokowi mengumbar janji untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur dalam masa kampanye yang digelar di beberapa daerah.

Terkini, Jokowi memastikan jalan tol Balikpapan-Samarinda akhir tahun ini bisa beroperasi secara penuh dan bisa digunakan oleh masyarakat Kalimantan.


"Jalan tol Balikpapan-Samarinda tinggal 20% akan kita selesaikan akhir tahun ini Insya Allah," tutur Jokowi



Jalan tol itu memiliki panjang 99 kilometer dan terdiri dari lima seksi. Kemajuan pekerjaan proyek yang dimulai pada 2010 itu telah mencapai 85,7 persen per 17 Februari 2019. 


Lambannya pengerjaan proyek tersebut tak lepas dari masalah pendanaan dan harga lahan sekitar yang terlampau mahal. Meski sempat terhenti di 2012, namun pada November 2015 proyek kembali dilanjutkan.


Jokowi mengatakan, keberadaan tol pertama di Kalimantan itu akan memangkas jarak tempuh antara Balikpapan-Samarinda yang tadinya 3 jam, menjadi 1 jam.
Simak video terkait jalan tol di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading