Mirip, Boeing 737 Ethiopian dan Lion Jatuh di Hitungan Menit

News - Wahyu Daniel, CNBC Indonesia
11 March 2019 12:48
Pada Oktober 2018 lalu, Bpeing 737 MAX 8 milik maskapai Lion Air jatuh di Indonesia, dan Minggu kemarin pesawat yang sama milik Ethiopian Airlines juga jatuh.
Washington, CNBC Indonesia - Dalam enam bulan, pesawat Boeing 737 MAX 8 sudah dua kali mengalami insiden jatuh. Pada Oktober 2018 lalu, Boeing 737 MAX 8 milik maskapai Lion Air jatuh di Indonesia, dan Minggu kemarin pesawat yang sama milik Ethiopian Airlines juga jatuh.

Ada kemiripan insiden keduanya, apa?

Selain jenis pesawatnya yang sama, insiden jatuhnya juga sama. Kedua pesawat ini jatuh beberapa menit setelah lepas landas dan membuat semua penumpangnya tewas.


Peristiwa ini menimbulkan pertanyaan soal aspek keselamatan dari pesawat jenis tersebut.

China, selaku pasar penting Boeing, menjadi negara pertama yang meminta maskapainya untuk tidak menggunakan sementara pesawat 737 MAX 8, pasca kecelakaan Ethiopian Airlines.



Ethiopian Airlines membawa 157 penumpang dan awak penerbangan. Sementara Lion Air membawa 189 penumpang dan awak penerbangan.

Sempat terdengar perbincangan di dalam kokpit Ethiopian Airlines, bahwa pilot mengalami beberapa kendala mengendalikan pesawat tersebut.

"Pilot menyebutkan mengalami beberapa kendala, dan ingin balik ke landasan. Pilot sudah mendapatkan persetujuan untuk kembali ke landasan," ujar CEO Ethiopian Airlines, Tewolde GebreMariam, dilansir dari AFP, Senin (11/3/2019).

Disebutkan bahwa kondisi cuaca bagus saat pesawat tersebut lepas landas dari bandara di ibu kota Etiopia, Addis Ababa.

Seperti diketahui, Administrator penerbangan sipil China mengatakan, sudah ada 8 pesawat 737 MAX 8 milik maskapai lokal yang dikandangkan, alias tidak digunakan.

"Operasional pesawat model ini akan berlanjut setelah ada konfirmasi soal keselamatan penerbangan," demikian pernyataan administrator tersebut. Ada 8 penumpang berasal dari China dalam kecelakaan Ethiopian Airlines.

Menanggapi kecelakaan ini, The Boeing Company menyampaikan dukacita mendalam.



"Kami menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan orang-orang terkasih dari para penumpang dan awak pesawat," kata Boeing.

Boeing juga mengatakan bahwa pihaknya siap untuk mendukung dan membantu tim Ethiopian Airlines secara teknis.

"Tim teknis Boeing akan melakukan perjalanan ke lokasi kecelakaan untuk memberikan bantuan teknis di bawah arahan Biro Investigasi Kecelakaan Ethiopia dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS," tambah Boeing dalam pernyataan tersebut.



Simak Video Pesawat 737 Max 8 Ethiopian Airlines yang Tewaskan 157 Orang
[Gambas:Video CNBC]


(wed/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading