Orang Terkaya di Jepang Bukan Pemilik Toyota, Tapi Uniqlo

News - Iswari Anggit, CNBC Indonesia
09 March 2019 13:53
Orang Terkaya di Jepang Bukan Pemilik Toyota, Tapi Uniqlo
Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar, tentu sudah tidak asing lagi dengan brand Uniqlo. Di negeri asal Uniqlo, Jepang, merupakan brand pakaian terbesar, bahkan juga di Asia, Amerika Serikat dan Eropa.

Tapi sebagian besar dari anda tentu tak kenal siapa siapa pendiri Uniqlo? Nah, menurut Forbes pemilik brand pakaian ini, merupakan orang terkaya di Jepang.
Foto: courtesy Uniqlo

Melansir dari Forbes, Uniqlo didirikan oleh Tadashi Yanai, seorang pria berusia 70 tahun, yang pada tahun ini berhasil masuk nominasi orang terkaya di dunia, nomor 41. Kekayaan Tadashi Yanai pun telah mencapai US$ 24,3 miliar atau lebih dari Rp 365 triliun.

Meski tercatat sebagai menjadi miliarder, ambisi Tadashi Yanai untuk menjadi pengusaha retail pakaian dunia, sangat besar. Forbes menulis, ia ingin menyaingi HnM dan Inditex, yang merupakan induk perusahaan Zara.


Namun, kesuksesan dan kekayaan Tadashi bukan hasil warisan apalagi memenangkan undian. Dia merintis semuanya dari nol.

Tadashi Yanai lahir pada 7 Februari 1949 di Ube, Yamaguchi, Jepang. Dia meraih gelar Bachelor of Arts/ Science di Waseda University, Tokyo.

Sejak kecil, Tadashi Yanai tertarik pada dunia bisnis. Oleh karena itu, setelah lulus kuliah, dia belajar dengan ayahnya yang pada saat itu memiliki toko jahit pakaian pria bernama Ogori Shoji, yang terletak di pinggir jalan Hiroshima.

Seiring berjalannya waktu, Ogori Shoji berkembang biak, menghasilkan belasan toko lain. Tadashi Yanai kemudian menatenkan toko-tokonya tersebut di IPO atau pasar modal, dengan satu nama besar yakni; Fast Retailing Co. Inilah yang kemudian menjadi induk dari Uniqlo.

Berkat kerja keras, ketekunan, dan ambisinya untuk menjadi pengusaha retail pakaian dunia, kini Tadashi Yanai sudah memiliki lebih dari 2.000 toko.

Tapi, inilah hal yang patut diteladani dari Tadashi Yanai, di mana kesuksesan dan kekayaan tak lantas membuatnya tinggi hati. Dia pernah memberi bantuan korban gempa Sendai, sekitar satu miliar yen pada Bulan Maret 2011.

Tadashi Yanai juga ingin membagikan kisah suksesnya pada mereka yang bercita-cita menjadi pengusaha retail pakaian dunia, dengan menerbitkan buku berjudul "Throw Away Your Success in a Day", pada tahun 2009. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading