Jokowi Ungkap Program Baru di Sentul: Kartu Sembako Murah!

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
24 February 2019 20:15
Jokowi Ungkap Program Baru di Sentul: Kartu Sembako Murah!
Jakarta, CNBC Indonesia - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato dalam Konvensi Rakyat di SICC, Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2/2019).

Dalam kesempatan itu, Jokowi yang juga calon presiden petahana, merilis program baru yang akan dirilis apabila terpilih sebagai presiden 2019-2024. Program itu adalah Kartu Sembako Murah.

"Nanti akan ada kartu sembako murah seperti ini," ujarnya di hadapan puluhan ribu pendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf. Turut hadir cawapres nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin dan Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir.




Selain itu, Jokowi juga mengungkapkan akan memperluas jangkauan Kartu Indonesia Pintar (KIP) hingga sarjana.

"Akan kita jadikan KIP kuliah. Artinya akan mampu membantu biaya pendidikan mulai dari anak usia dini hingga sampai kuliah, sampai kuliah dengan kartu ini," katanya.

Sekadar gambaran, sejak terpilih pada 2014, Jokowi sudah memiliki sejumlah program yang menggunakan kartu sebagai sarana penunjang. Program-program itu adalah Kartu Indonesia Sehat (KIS), KIP, dan Kartu Keluarga Sejahtera.

Jokowi Ungkap Program Baru di Sentul: Kartu Sembako Murah!Foto: dok. PUPR


Menurut Jokowi, 18,7 juta siswa dapat KIP untuk membeli seragam, buku, dan sepatu. Kemudian 5.000 anak-anak dari Papua dapat beasiswa dan 20 ribu anak muda terbail termasuk dari pesantren untuk kuliah di luar negeri.

"Saya tidak mau ada satu pun anak indonesia gagal meraih cita cita karena kemiskinan," ujar Jokowi.

Lebih lanjut, dia mengatakan, 92,4 juta jiwa sudah memegang KIS sehingga dijamin kesehatannya dan tidak jatuh miskin jika keluarganya sakit.

"Tidak boleh lagi ada istilah orang miskin dilarang sakit," katanya.

Simak video terkait unicorn Jokowi di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading