Lantik Khofifah Jadi Gubernur, Jokowi: Langsung Tancap Gas!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
13 February 2019 17:35
Lantik Khofifah Jadi Gubernur, Jokowi: Langsung Tancap Gas!
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Masa Jabatan Tahun 2019 - 2024 dan Gubernur Jambi Sisa Masa Jabatan Tahun 2016 - 2021.

Mereka adalah Khofifah Indarwarsa dan Emil E. Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Fachrori Umar sebagai Gubernur Jambi. Ketiganya dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 2/B/2019 8 Januari 2019 dan Kepres Nomor 16/B/2019 tanggal 12 Februari 2019 tentang pengesahan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur.





"Bersediakah saudara diambil sumpah menurut agama Islam?," kata Jokowi yang diikuti ucapan bersedia dari ketiga pemimpin daerah tersebut.

Prosesi pelantikan pun berjalan dengan baik. Jokowi membacakan sumpah yang kembali diikuti oleh Khofifah Indrarwarsa, Emil Dardak, dan Fachrori Umar.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur sebagai Wakil Gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya." 

"Memegang teguh UUD RI 1945, dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya."

Usai pelantikan, Jokowi langsung meminta seluruh pemimpin daerah tancap gas. Presiden menginginkan mulai hari ini ketiga pemimpin daerah langsung bekerja.

"Ya secepatnya. Secepat-cepatnya langsung tancap gas bekerja untuk masyarakat. [...] Semuanya, pesen saya tadi hanya satu, cepet. Gas. Bekerja," tegas Jokowi.

Lantik Khofifah Jadi Gubernur, Jokowi: Langsung Tancap Gas!Foto: Istimewa


Ditemui sebelum prosesi pelantikan, Khofifah mengaku akan berupaya meningkatkan daya tarik investor agar menanamkan modalnya di Indonesia, khususnya di Jawa Timur.

"Relokasi industri sangat mungkin terjadi daya tarik bagi investor berinvestasi pada daerah yang berseiring dengan tol, tapi tidak menganggu ketahanan pangan," tegas Khofifah.


Sebagai informasi, Khofifah dan Emil berhasil mengalahkan pasangan Saifulah Yusuf dan Puti Guntur dalam pertarungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

Sementara itu, Fachrori Umar menggantikan Zumi Zola yang ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan kasus suap DPRD Jambi.

Simak video Jokowi terkait infrastruktur di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading