Tol Trans Jawa Mahal? Ini Buktinya

News - Taufan Adharsyah, CNBC Indonesia
05 February 2019 17:14
Tol Trans Jawa Mahal? Ini Buktinya
Jakarta, CNBC IndonesiaMahalnya tarif Jalan Tol Trans Jawa menjadi isu yang hangat diperbincangkan akhir-akhir ini .

Memang benar, dengan adanya jalan tol yang menghubungkan ujung timur dan barat Pulau Jawa, waktu tempuh pengemudi kendaraan akan semakin kecil. Diharapkan dengan meningkatnya kecepatan perpindahan logistik, biaya transportasi menjadi semakin efisien.



Namun apabila tarifnya dinilai terlalu tinggi bagi calon pengguna, maka jalan tol akan menjadi kurang dilirik. Pasalnya keuntungan bagi pengemudi, bahkan pengusaha bisa berkurang jika tambahan biaya tidak sebanding dengan peningkatan produktivitas.


Semahal itukah tarif tol yang pembangunannya dikebut dalam beberapa tahun terakhir?

Tim Riset CNBC Indonesia mencoba membandingkan tarif tol rute perjalanan Jakarta-Surabaya, yang sepenuhnya telah tersambung.

Perjalanan pengemudi mobil Golongan I yang menempuh jarak total sekitar 761,25 kilometer tersebut harus merogoh kocek Rp 660.500 untuk membayar biaya tol seluruh ruas yang dilewati. Artinya, bila dirata-ratakan, biaya tol untuk setiap kilometer yang dilalui adalah sebesar Rp 868.



Bila ditelusuri lebih dalam, Ruas Jalan Tol Ngawi-Kertosono merupakan ruas jalan yang memiliki biaya paling mahal, yaitu sebesar Rp 1.777 per kilometer. Apalagi jika dibandingkan dengan ruas tol Jakarta-Cikampek yang hanya Rp 181 per kilometer.

Ruas tol Semarang juga tercatat memiliki harga yang relatif rendah, hanya Rp 202 untuk 1 kilometer.

Selain itu, pada rute yang berbeda, Ruas Jalan Tol Purakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi), juga masih relatif lebih murah, yaitu hanya sekitar Rp 373 per kiliometer.



Memang, untuk menentukan biaya tol perlu mempertimbangkan biaya investasi yang telah dikeluarkan. Total invetasi Tol Trans Jawa diperkirakan lebih dari Rp 69 triliun.



Namun bila calon pengguna, terutama kalangan pengusaha jasa transportasi tidak mendapat keuntungan finansial dari adanya jalan tol, bukan tidak mungkin tingkat okupansi yang tidak maksimal akan membuat perhitungan investasi menjadi meleset.


TIM RISET CNBC INDONESIA


(taa/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading