Jokowi Gencar Bagikan Sambungan Listrik Gratis, Kenapa?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
30 January 2019 15:19
Jokowi Gencar Bagikan Sambungan Listrik Gratis, Kenapa?
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah pemangku kepentingan terkait kembali meninjau langsung program penyambungan listrik gratis di Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat.

Presiden secara simbolis menyambungkan listrik gratis kepada 4 rumah rumah tangga miskin dan rentan miskin. Kepala negara menginginkan, tak ada lagi permasalahan listrik, khususnya di wilayah Jawa Barat.

"Semuanya sudah diberikan, masyarakat lebih produktif, anak-anak juga malam hari bisa belajar dengan tenang," kata Jokowi, Rabu (30/1/2019).


Berdasarkan data yang dilansir dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) rasio elektrifikasi di kabupaten Bekasi sudah mencapai 100%.
Jokowi Gencar Bagikan Sambungan Listrik Gratis, Kenapa?Foto: Presiden RI Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja di Muara Gombong, Bekasi, Rabu (30/1/2019). (CNBC Indonesia/Chandra Gian Asmara)

Namun, Perusahaan Listrik Negara mencatat masih ada 11.000 kepala keluarga yang memperoleh listrik dari rumah tetangga (levering), lantaran mereka tak mampu menanggung biaya penyambungan dan instalasi listrik sebesar Rp 1 juta.

Program ini menargetkan 235.000 rumah di Jawa Barat bisa tersambung listrik, dari realisasi yang saat ini sebanyak 105.000 rumah.

Adapun pemerintah menargetkan bisa memberikan sambungan listrik gratis kepada 1,2 juta kepala keluarga secara nasional untuk beberapa tahun ke depan

"Ini memang akan bergerak. Tapi kan kita memang konsentrasi bulan-bulan ini di Jawa Barat. Nanti mungkin ke Jawa Timur, Jawa Tengah," jelas Jokowi

"Ini tentunya sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan akses listrik yang lebih murah, dan bisa lebih menopang kegiatan ekonomi rumah tangganya," tegas Menteri BUMN Rini Soemarno dalam kesempatan sama.





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading