Ekonomi Melambat, Penjualan BMW Indonesia di 2018 Naik Tipis

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
18 January 2019 11:10
Ekonomi Melambat, Penjualan BMW Indonesia di 2018 Naik Tipis
Jakarta, CNBC Indonesia - BMW Group Indonesia mencatatkan penjualan 3.394 unit mobil BMW dan MINI sepanjang tahun 2018. Jumlah itu terdiri dari 2.814 unit BMW dan 580 mobil MINI, termasuk di dalamnya BMW Premium Selection dan MINI NEXT.

Jika diteliti lebih lanjut, penjualan BMW sepanjang tahun lalu sebenarnya tidak mengalami pertumbuhan berarti alias stagnan.

Data yang diperoleh CNBC Indonesia dari BMW menunjukkan, sepanjang 2017 BMW berhasil menjual 2.800 unit kendaraan. Artinya, sepanjang tahun lalu penjualan BMW hanya bertambah 14 unit alias tumbuh tipis 0,5%.


Kondisi lebih baik masih dialami oleh MINI yang penjualannya naik 5% dibandingkan tahun 2017 sebanyak 553 unit. Dengan demikian, secara keseluruhan penjualan BMW Group Indonesia tumbuh 1,22% di tahun lalu.

President Director BMW Group Indonesi Ramesh Divyanathan mengatakan, pertumbuhan tipis sepanjang tahun lalu antara lain dipengaruhi perlambatan ekonomi serta perubahan regulasi di Tanah Air.

"Saya senang BMW Group Indonesia mencapai hasil penjualan yang kuat sekali lagi pada 2018, meskipun adanya sejumlah hambatan seperti perlambatan ekonomi dan beberapa perubahan peraturan di Indonesia," ujar Ramesh, seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (18/1/2019).

Ramesh menambahkan, sepanjang tahun lalu, BMW X1 dan X3 masih menjadi tumpuan BMW di segmen Sports Activity Vehicle (SAV) premium, bersama dengan diluncurkannya model baru lainnya.

Peluncuran MINI Countryman, SAV 5 pintu yang dirakit secara lokal juga mencerminkan kesuksesan BMW dalam mengembangkan pasar MINI di Tanah Air serta komitmen perusahaan terhadap industri otomotif RI. "BMW Group Indonesia berharap dapat terus meningkatkan angka penjualan di 2019," imbuhnya.

Adapun BMW tidak menetapkan nominal target kenaikan penjualan di tahun ini. "Target kita sebanyak-banyaknya," ujar Corporate Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania kepada CNBC Indonesia.
Ekonomi Melambat, Penjualan BMW Indonesia di 2018 Naik TipisFoto: Infografis/ Mobil Listrik Mewah Harga Selangit / Aristya Rahadian Krisabella

Setahun ke depan, BMW menaruh harapan pada peluncuran generasi ketujuh BMW Seri 3, generasi terbaru model X5 serta akan masuknya model X7 di tanah air. Perusahaan juga mencoba berinovasi melalui program khusus "tukar tambah" trade-in dan trade-up.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading