Jokowi Targetkan Japek Elevated Beroperasi Lebaran, Bisa?

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
17 January 2019 16:36
Jokowi Targetkan Japek Elevated Beroperasi Lebaran, Bisa?
Jakarta, CNBC IndonesiaPresiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri Kabinet Kerja berkali-kali mengatakan, Tol Jakarta-Cikampek II Elevated bisa digunakan untuk mudik Lebaran 2019. Namun, hingga saat ini pekerjaan kontruksi proyek tersebut baru rampung 62,5%.

Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek, Djoko Dwijono, menegaskan, dalam beberapa bulan ke depan pihaknya bakal menggenjot kontruksi. "Dalam bulan ini dan bulan depan itu akan banyak pekerjaan-pekerjaan yang besar lebih masif lagi," ujarnya di lokasi proyek Jalan Tol Japek II Elevated (KM 25 Arah Bandung), Kamis (17/1/2019).

"Kita harus segera menyelesaikan box girder baja-baja, kemudian cor atasnya dan ini sudah banyak. Akan ada puncak kegiatan kami itu bulan depan dan bulan berikutnya untuk menyelesaikan," lanjutnya.


Jokowi Targetkan Japek Elevated Beroperasi Lebaran, Bisa? Foto: Direktur Utama PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek, Djoko Dwijono (CNBC Indonesia/Muhammad Choirul Anwar)


Khusus untuk pemasangan box girder, dari rencana 2.500 unit sudah direalisasikan sekitar 1.400 unit, sehingga tersisa sekitar 1.100 unit untuk diselesaikan. Dia menargetkan, pada momentum mudik Lebaran nanti progres konstruksi bisa mencapai 90%.

Dengan begitu, keinginan Jokowi mengoperasikan jalur layang ini bisa terpenuhi, meski baru secara fungsional. "Ini bisa fungsional saat mudik lebaran. Insya allah demikian. Fungsional ya, fungsional ini ada keterbatasan atau hal-hal khusus yang belum selesai," bebernya.

Yang pasti, saat beroperasi secara fungsional nanti, dipastikan ruas jalan layang sudah tersambung penuh.

"Insya Allah tersambung, ini tantangannya berat kontraktor melaksanakan ini. Beneran berat sekali ini. Kita ingin melihat bahwa pada saat mudik nanti kita sudah bisa berkontribusi untuk menambah kapasitas jalan di sini," pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading