CVR Lion Air PK-LQP Ditemukan, Ini Respons Jokowi

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
14 January 2019 18:15
CVR Lion Air PK-LQP Ditemukan, Ini Respons Jokowi
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara perihal penemuan cockpit voice recorder (CVR) Lion Air PK-LQP oleh Tim Komando Armada I di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin (14/1/2019) pagi. Jokowi mengapresiasi penemuan CVR tersebut.

"Sehingga ini nanti akan lebih memperjelas kecelakaan pesawat yang kemarin ini terjadi disebabkan oleh apa. Kita bisa membuka bisa terang benderang nanti kalau ini sudah ditemukan," ujarnya seusai melakukan telekonferensi dengan Presiden ke-III RI BJ Habibie di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/1/2019).

[Gambas:Video CNBC]

Sebelumnya, Tim Koarmada I berhasil menemukan (CVR) Lion Air PK-LQP di perairan Karawang, Jawa Barat. CVR itu melengkapi temuan FDR pada November 2018, atau sebulan setelah kecelakaan pesawat tersebut pada 29 Oktober 2018.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga merespons positif temuan CVR. Namun demikian, dibutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mengetahui konten dari CVR tersebut.


"Tergantung dari komplikasi datanya ya. Tapi sebenarnya suatu penemuan ini punya waktu satu tahun, end-nya jadi kita lihat bagaimana kualitas data yang ditemukan itu bisa dieksplor," kata Budi di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Foto: Infografis/Misi Lion Air dan MPV Everest Temukan Korban JT-610/Aristya Rahadian Krisabella
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading